Senin, 05 Desember 2011

Pengertian Deployment Diagram Dalam UML

Deployment Diagram
Deployment View adalah pandangan yang terkait dengan penyebaran fisik aplikasi. Hal ini termasuk persoalan layout jaringan dan lokasi komponen-komponen dalam jaringan. Deployment View berisikan prosesor-prosesor, peralatan-peralatan, proses-proses dan hubungan antar prosesor dan antar perlatan. Semua informasi ini digambarkan dalam suatu deployment Diagram. Hanya ada satu deployment Diagram dalam setiap system , sehingga hanya satu deployment dalam setiap model. Suatu deployment diagram menampilkan semua titik (node) dalam suatu jaringan, hubungan antar mereka, dan proses-proses yang dijalankan pada masing-masing node.

Prosesor
Prosesor adalah suatu mesin yang mempunyai kekuatan pemrosesan. Server, workstation, dan mesin-mesin lainnya yang digunakan pemrosesan semuanya masuk dalam kategori ini. Dalam UML, notasi prosesor degambarkan sebagai berikut.

Pada spesifikasi prosesor, dapat ditambahkan informasi tentang stereotype prosesor, karakteristik, dan penjadwalan. Stereotype, sebagaimana dalam elemen mpdel lainnya, dapat digunakan mengklarifikasikan prosesor. Misalnya, kita memiliki beberapa mesin UNIX dan beberapa mesin PC. Dan jika diinginkan untuk megelompokkan antara keduanya, maka digunakan stereotype.
Karakteristik prosesor adalah deskripsi secara fisik dari sebuah prosesor. Misalnya kita ingin menyertakan kecepatan prosesor atau jumlah memori yang digunakan.
Bagian penjadwalan mendokumentasikan tipe proses penjadwalan yng digunakan oleh sebuah prosesor. Beberapa pilihan adalah sebagai berikut :
·         Preemptive. Menunjukkan bahwa sebuah prosesor yang mempunyai prioritas lebih tinggi dapat menduduki sebuah proses yang mempunyai prioritas yang lebih rendah.
·         Non-Premptive. Menunjukkan bahwa sebuah prosesor tidak memiliki prioritas. Proses aktif mengeksekusi hingga selesai, dan proses brikutnya dilakukan.
·         Cyclic. Menunjukkan pengaturan berputar atar proses, dimana setiap proses mendapatkan alokasi waktu untuk dieksekusi, dan kemudian keproses berikutnya secara bergantian.
·         Executive. Menunjukkan ada beberapa urutan algoritma komputasi untuk mengontrol penjadwalan.
·         Maual. Menunjukkan proses yang telah dijadwalkan oleh pemakai.
Peralatan (device)
Peralatan (device) adalah perangkat keras dengan tujuan tunggal atau maksud yang tertentu. Yang termasuk dalam kategori ini antara lain : dumb terminal, printer, dan scanner. Kedua-duanya yaitu prosessor-prosessor dan peralatan-peralatan yang dapat dianggap sebagai titik (node) dalam suatu jaringan. Pada UML, notasi peralatan digambarkan sebagai berikut :
Sebagaimana prosessor, detail juga dapat ditambahkan pada suatu peralatan. Pertama adalah steorotype, yang digunakan untuk membagi peralatan kedalam kelompok-kelompok tertentu. Kedua adalah karakteristik,merupakan penjelasan secara fisik mengenai sebuah peralatan, sebagaimana karakteristik pada prosesor.

Koneksi
Koneksi adalah suatu hubungan (link) secara fisik antara dua prosessor, dua peralatan, atau antara prosessor dan peralatan. Umumnya, hubungan-hubungan tersebut memacu pada hubungan jaringan fisik (The physical network connection) antara titik-titik pada jaringan. Koneksi juga dapat berarti hubungan internet antara dua buah titik.
Koneksi dapat ditandai dengan beberapa stereotype. Koneksi dapat diberikan karakteristik-karakteristik, yang menjelaskan detail fisik sebuah koneksi. Contoh, suatu koneksi dapat ditandai dengan “TI line”.
Proses
Sebuah proses adalah thread tunggal dari eksekusi yang berjalan pada sebuah prosessor, berkas executable adalah sebuah contoh proses. Ketika menambahkan proses kedalam diagram, berfokus hanya pada proses yang berhubungan ke system yang sedang dibuat.
Proses-proses dapat ditampilkan pada deployment diagram atau tersembunyi dari tampilan. Jika ia ditampilkan, maka didaftar langsung dibawah prosessor dimana ia dijalankan.
Proses-proses dapat ditentukan prioritasnya. Jika prosesor yang dijalankan menggunakan penjadwalan preemptive, prioritas dari proses akan menentukan ketika sedang berjalan.

Daftar Pustaka : 
Modul praktikum ADBO Lab.Sistem Informasi UPN “Veteran” Jatim


10 komentar:

  1. ngomong2 soal UML jd inget dulu hehehehe :)

    BalasHapus
  2. @Erma...Wah,,,Mbaknya Mantan Mahasiswa Informatika ya.....Wah,,jdai sungkan ni,,ada yang lebih master....hehehehehe

    BalasHapus
  3. @admin-Wahid....monggo pinarak..silahkan di nikmati..hehehehe

    BalasHapus
  4. lumayan .. ga usah susah susah nyari dasar teori.. suwon mas fi' ..sukses selalu gae sampean :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok Hur...podo-podo...amien amien amien....

      Hapus
  5. suwun mas, materine joszzzzz

    BalasHapus
  6. salah komnetar mas
    maaf
    ijin copas ya mas, buat tugas

    BalasHapus

Komentar Anda mengenai Postingan ini sangat Saya butuhkan Untuk menjadi bahan evaluasi agar menjadi lebih baik.
Follow blog saya, maka saya akan siap follow blog Anda.
Mudah-Mudahan Artikel di Atas Bermanfaat bagi kita semua.
Berkata-Katalah Yang baik, agar Hidup Anda menjadi lebih baik.

Please follow me...!!!!