Senin, 03 Oktober 2011

Business Use Case Diagram

DASAR TEORI
Busines Use Case Diagram
             Businees Use Case Diagram dingunakan untuk menyajikan fungsi yang disediakan oleh keseluruhan oraganisasi. Diagram ini menjawab pertanyaan : “Apa yang bisnis dilakukan dan mengapa harus membangun sistem”. Diagram ini digunakan selama pemodelan aktifitas bisnis berlangsung dan mengatur konteks sistem untuk membentuk pondasi dalam pembentuka use case diagram. Business Use Case Diagram adalah penggambaran tujuan suatu oragaisasi. Diagram ini tidak membedakan antara proses manual atau proses komputerisasi.

          Rational Rose menyediakan stereotype tertentu untuk model elemen berbeda dalam business use case. Stereotype menunjukkan sub klasifikasi dari model element. Ada beberapa stereotype yang digunakan untuk membuat Business use case Diagram adalah :
a.       Business aktor
            Business aktor adalah seseorang atau sesuatu yang ada diluar organisasi dan berinteraksi dengan organisasi. Misalkan : Pelanggan, kreditor, investor, suplier dll. Gambar Business aktor :

b.      Business worker
               Business worker adalah sesuatu peranan didalam organisasi, bukan posisi. Seseorang boleh memainkan banyak peranan tapi memegang hanya satu posisi. Keuntungan berbasiskan peranan dibandingkan berbasiskan posisi adalah bahwa posisi cenderung berubah, sementara peranan cenderung tetap. Gambar Business worker :



c.       Business use case
            Business Use case adalah suatu Himpunan aliran kerja dalam organisasi yang mempunyai nilai terhadap business actor. Dengan kata lain business use case menceritakan tentang apa yang dilakukan oleh organisasi. Gambar Business Use case Diagram :

d.      Business entity
            Business entity adalah objek yang digunakan oleh organisasi untuk melakukan aktifitas bisnis atau yang organisasi hasilkan saat melakukan aktifitas bisnis. Entitas meliputi suatu pekerja bisnis hadapi sehari-hari. Setiap entity harus diberi nama yang unik, menggambarkan tanggung jawabnya, berbentuk kata benda atau frase kata benda, dan harus jelas. Gambar Business Entity :
Contoh :
"Business Use Case Diagram"
"Sistem Penjualan Rumah(Perumahan)"



3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Business Use Case merupakan apa yang dilakukan oleh organisasi? Menurut saya, disini mengelola laporan bukan apa yang dilakukan oleh organisasi, tapi oleh sebuah posisi (yang disini merupakan administrator dan supervisor). Pendapat anda tentang pendapat saya? Btw, nice article :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus gaan...pokonya saya nurut aja dah...hehehe..salam kenal...

      Hapus

Komentar Anda mengenai Postingan ini sangat Saya butuhkan Untuk menjadi bahan evaluasi agar menjadi lebih baik.
Follow blog saya, maka saya akan siap follow blog Anda.
Mudah-Mudahan Artikel di Atas Bermanfaat bagi kita semua.
Berkata-Katalah Yang baik, agar Hidup Anda menjadi lebih baik.

Please follow me...!!!!