Minggu, 13 Mei 2012

Lirik Syi'ir Tanpo Waton

Lirik
Syi’ir Tanpo Waton

Astaghfirulloh...Robbal baroyaah....
Astaghfirulloh...Minal Khothoyah....
Robbi zithni..'ilmannafii'aa...
Wawaffiqni...'Amalaan sholikha....

Ya roshulalloh..salam mun'alaika...
Ya rofi'asyaaniwaddaarojii....
'Athfataiyajii rotal'alaami...
Ya Uuhailaljudiwalkaromi.....2X

Ngawiti ingsun...nglara syi'iran...
Kelawan muji pareng pengeran...
Kang paring rohmat lan kenikmatan...
Rino wengine....tanpo pitungan....2X

Duh bolo konco...prio wanito....
Ojo mung ngaji syare'at bloko....
Gur pinter dongeng nulis lan moco...
Tembe mburine...bakal sangsoro....2X

Akeh kang apal....Qur'an Hadist e...
Seneng Ngafirkeh marang liyane...
Kafir e dewe Ga' di gatekke...
Yen isih kotor...ati akale...2X

Gampang kabujuk...Nafsu angkoro...
Ing pepaese Gebyare ndunyo....
Iri lan meri sugi e tonggo...
Mulo atine...peteng lan Nisto...2X

Ayo sedulur...Jo nglale ake...
Wajib e ngaji sak pranatane...
Nggo ngandelake iman Tauhid e...
Baguse sangu...mulyo matine...2X

Kang aran sholeh...bagus atine...
Kerono mapan sari ilmune...
Laku torekot lan ma'rifate...
Ugo hakekot...manjing rasane...2X

Alqur'an kodhim...wahyu minulyo...
Tanpo tinulis iso diwoco...
Iku wejangan guru waskito...
Den tancep ake ing njero dodo...2X

Kumantel ati...lan pikiran...
Mrasuk ing badan kabeh njeroan...
Mukjizat rosul dadi pedoman...
Minongko dalan...manjing e iman...2X

Kelawan Alloh...Kang maha Suci...
Kuduh rangkulan rino lan wengi...
Di tirakati di riadhoi...
Dzikir lan suluk jo nganti lali...2X

Urip e ayem...rumongso aman...
Dununge roso tondo yen iman...
Sabar nerimo snajan paspasan..
Kabeh tinakdir saking pengeran...2X

Kelawan konco...dulur lan tonggo...
Kang podo rukun ojo daksio...
Iku sunnah e rosul kang mulyo...
Nabi muhammad...panutan kito...2X

Ayo nglakoni...sekabeane...
Alloh kang bakal ngangkat drajate...
Senajan ashor toto dhohire...
Ananging mulyo makom drajat e...2X

Lamun palastro...ing pungkasane...
Ora kesasar roh lan sukmane...
Den gadang Alloh syuargo manggone...
Utuh mayite...ugo ules...2X

Ya roshulalloh..salam mun'alaika...
Ya rofi'asyaaniwaddaarojii....
'Athfataiyajii rotal'alaami...
Ya Uuhailaljudiwalkaromi.....2X

145 komentar:

  1. Syi'ir yang bermanfaat.
    sangat bagus kang, izin kopi yach buat sholawatan diacara pengajian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien amien...Monggo silahkan....heheheh..iseng-iseng Posting ginian....

      Hapus
    2. Saya tidak tau bagaimana cara bacanya itu... hehehe... salam kenal aja... kunjungan perdana nih...:)

      Hapus
    3. ya kan tinggal Baca Bang...hehehehehe

      Hapus
    4. manfaat banget ketika sedang emosi , atau hati gundah tak setabil

      Hapus
    5. sangat-sangat bermanfaat...........

      Hapus
  2. Gampang kabujuk...Nafsu angkoro...
    Ing pepaese Gebyare ndunyo....
    Iri lan meri sugi e tonggo...
    Mulo atine...peteng lan Nisto...2X

    bener banget mas, jaman sekarang godaan dunuia memang menyilaukan, kalo tidak kuat kita bisa gelap mata dibuatnya

    trimakasih syairnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akeh kang apal....Qur'an Hadist e...
      Seneng Ngafirkeh marang liyane...
      Kafir e dewe Ga' di gatekke...
      Yen isih kotor...ati akale...2X

      Banyak Orang yng pandai,,,Namun lebih senang menyalahkan orang lain dari pada melihat keburukan dirinya sendiri....hehehehe...sama-sama Bang...mudah-mudahan bermanfaat...

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. liryc yang sarat makna dan penuh pencerahan..!

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Okrik....salam kenal balik Mas Bro.....

      Hapus
  5. wow..postingan yang menarik nih mas,tapi sy malu,soale gak ngerti jawa,padahal orang jawa.
    maklum..hidup dijawa tapi lingkungannya madura hehehe..
    oh ia,salam kenal ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahah....emang dimana Bang....???Surabaya Pinggir??Pasuruan?Probolinggo?Bondowoso?Situbondo?Jember?Banyuwangi??
      heheheheh...salam kenal balik....

      Hapus
  6. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus
  7. mampir juga gan
    ==============================
    http://ngrayudan.blogspot.com
    -download
    -software
    -pes 2012
    -movie
    -business (beenero.com)

    BalasHapus
  8. Lirik yg menyejukkan.. apalagi skrg sudah dekat dgn ramadhan :)

    BalasHapus
  9. Kunjungan di sore hari :)

    Free backlink at freebacklinkindo.blogspot.com

    BalasHapus
  10. punya not angkanya tidak? mohon saya minta carikan not angkanya. trimakasih. (nurokhudin@yahoo.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Bang...Maksudnya gimana itu???
      Cz saya ini dapat dari hafalan...kan sering denger di radio..udaah...ketik aja...hehehehe....

      Hapus
  11. moga kita senantiasa dibimbing ALLOH mnjdi muslim yg benar'' 'mengerti' islam bukan hanya pintar islam..aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien amien....terima kasih banyak kang....n salam kenal...

      Hapus
  12. Setiap mendengar pujian syiir tanpo waton niki
    ning ati rasane trenyuh...
    Kagem Bp Kyai H.Abdulrahman Saleh ( Gusdur ) Semoga mendapatkan tempat yang terbaik disana Aamiin

    Kereta Mini

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien amien....semoga bermanfaat

      Hapus
    2. --- Kagem Bp Kyai H.Abdulrahman Saleh ( Gusdur ) ---
      seng eco KH. Abdurrahman Wachid gan....

      Hapus
    3. Mas gusdur.. Kh abdurahman wahid.. Bukan shaleh.. Tapi sekedar info syair siir tanpo waton itu bukan buah karya gusdur.. Mmg dgn menggunakan nama gusdur.. Siir ini jadi meluas.. Monggo di gali lebih lanjot..

      Hapus
  13. matur nuwun mas syiir-e,semoga amal kebaikannya mendapat ridho Allah subhanahu wata'allah amiin YRA...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sami-sami Kang....mugi Mbetoh Manfaat....

      Hapus

  14. salam super sahabat,
    tetap semangat dan sukses selalu ya
    ditunggu kunjungan baliknya :)

    BalasHapus
  15. kunjungan balik dari admin http://al-albani.blogspot.com
    aku suka lagu ini. makasih :)
    salam

    BalasHapus
  16. Kang aran sholeh...bagus atine...
    Kerono mapan sari ilmune...
    Laku torekot lan ma'rifate...
    Ugo hakekot...manjing rasane

    itu maksudy gmn yaw gan? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang di sebut orang baik itu bagus hatinya
      karena sempurna seri keilmuaanya
      melakukan thariqat dan ma'rifatnya
      juga hakekat mersap rasanya...

      Mungkin kurang lebih begitu mas,,,,

      Hapus
    2. maturnuwun @bang winarji Eko Heryanto

      Hapus
  17. Aku terharu dengernya..Thank's untuk lyricsnya ya gan..semoga agan masuk surga firdaus tanpa dihisap dan tanpa diazab amin...:)

    BalasHapus
  18. Aku terharu dengernya..Thank's untuk lyricsnya ya gan..semoga agan masuk surga firdaus tanpa dihisap dan tanpa diazab amin...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien amien....semoga Anda juga demikian....(^_^)

      Hapus
  19. Ini dialog dengan yang menciptakan Syi'ir Tanpo Waton

    http://www.youtube.com/watch?v=aKfdgpIsOyY

    BalasHapus
  20. Mas, bisa diterjemahin ndak ?? soalnya saya sangat merinding dengernya......

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha...ya..biarkan seperti aslinya aja..... :D

      Hapus
  21. coba kalau gus dur masih ada

    BalasHapus
  22. Sukron kastir,izin ngopy ya mas buat mushola...

    BalasHapus
  23. Sukron katsir smoga bermanfaat,izin ngopy untuk mushola di tempat kami.

    BalasHapus
  24. http://www.youtube.com/watch?v=aKfdgpIsOyY

    BalasHapus
  25. Pencipta syiir KH Nizam As Shofa
    Pemangku PONPES Ahlus shofa Wal Wafa
    Simo Ketawang Wono Ayu Sidoarjo
    Pengajian rutin Rabu Malam jam 21.30WIB

    BalasHapus
    Balasan
    1. maanteeeppp...njenengan santrinya ta..???

      Hapus
  26. saya suku padang mas tp seneng dengernya n mau dhapalin neh...

    izin copas y mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo mas...tidak ada Copyright disini... :D

      Hapus
  27. Alhamdulillah.......


    Duh bolo konco...prio wanito....
    Ojo mung ngaji syare'at bloko....
    Gur pinter dongeng nulis lan moco...
    Tembe mburine...bakal sangsoro....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahai para teman..pria wanita..
      jangan hanya belajar SYARIAT saja..
      cuma bisa bercerita,menulis dan membaca..
      nanti akhirnya..bakal sengsara..

      Hapus
  28. bener2 karya besar seorang ulama.... sejutalirik.com

    BalasHapus
  29. Balasan
    1. sami-sami...amin amin..mudah-mudahan bermanfaat...

      Hapus
  30. Akeh kang apal....Qur'an Hadist e...
    Seneng Ngafirkeh marang liyane...
    Kafir e dewe Ga' di gatekke...
    Yen isih kotor...ati akale...2X

    Bener, jumbuh kalian kawontenan sakpuniko nggih mas Rofiuddin

    BalasHapus
  31. Assamualaikum mas...
    Bisa tidak di terjemahkan dalam bahasa indonesia ???
    Soalnya saya tidak ngerti bhs.jawa...

    Kalau bisa kirim di emailqu di lenovo.ardan@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya kirim di email bang Arti kata dalam Bahasa Indonesia nya

      Hapus
  32. Wah niki ingkang dangu kulo padosi.....ijin copy badhe diapalke...
    Matur Nuwun Sanget




    BalasHapus
    Balasan
    1. monggo om...silahkan....tidak ada copyright disini ko.... :D

      Hapus
  33. swun mas/kang, ijin share Ali Maksum - alirealist.blogspot.com

    BalasHapus
  34. Thanks Infonya Gan,,sangat menambah wawasan dan membantu saya dalam ng-blog Belajar Jishuken

    BalasHapus
  35. Aja mung ngaji syareat blaka.
    Gur pinter dongeng nulis lan maca,
    tembe mburine bakal sangsara.

    BalasHapus
  36. Siip gan, ijin copas yah :)

    BalasHapus
  37. thanks bagus.minta tolong terjemahan bahasa indonya ke email: smuhlisin2@gmail.com
    wassalam

    BalasHapus
  38. assalaamualaikum dalem banget denger pertama mprembes luh ku..saya baru tau syiir ini hari ini 2013 08 28 kucari beritanya rupanya udah diwiridtin dari 2004..subhanalloh.

    BalasHapus
  39. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  40. Kalau boleh request, sama artinya juga bang ,,,,, biar yang gak ngerti jawa paham maksudnya ,,,,,

    BalasHapus
  41. Ngawiti ingsun...nglara syi'iran...
    saya awali lagu sakit hati
    Kelawan muji pareng pengeran...
    dengan memuji menuju Alloh
    Kang paring rohmat lan kenikmatan...
    yang memberikan rohmat dan kenikmatan
    Rino wengine....tanpo pitungan....2X
    setiap malam tanpa hitungan

    Duh bolo konco...prio wanito....
    hai semua teman, putra dan putri
    Ojo mung ngaji syare'at bloko....
    jangan cuma mengaji syare'at langsung (saja)
    Gur pinter dongeng nulis lan moco...
    hanya pintar cerita menulis dan membaca
    Tembe mburine...bakal sangsoro....2X
    baru dibelakang akan sengsara

    Akeh kang apal....Qur'an Hadist e...
    banyak yang hafal Qur'an dan hadisnya
    Seneng Ngafirkeh marang liyane...
    suka mengkafirkan dengan lainnya
    Kafir e dewe Ga' di gatekke...
    kafirnya sendiri tidak di perhatikan
    Yen isih kotor...ati akale...2X
    kalau masih kotor hati dan akalnya

    Gampang kabujuk...Nafsu angkoro...
    cepat terbujuk nafsu dunia
    Ing pepaese Gebyare ndunyo....
    karna penampilan gemerlapannya dunia
    Iri lan meri sugi e tonggo...
    iri dan dengki kekayaan tetangga
    Mulo atine...peteng lan Nisto...2X
    jadi hatinya gelap dan nista

    Ayo sedulur...Jo nglale ake...
    ayo saudara jangan melupakan
    Wajib e ngaji sak pranatane...
    wajibnya mengaji dengan penerapannya
    Nggo ngandelake iman Tauhid e...
    untuk menebalkan iman dan tauhidnya
    Baguse sangu...mulyo matine...2X
    bagunya bekal adalah mulia saat mati

    Kang aran sholeh...bagus atine...
    yg dinamakan sholeh adalah bagus hatinya
    Kerono mapan sari ilmune...
    karena sudah mapan sari ilmunya
    Laku torekot lan ma'rifate...
    menjalankan torekot dan makrifatnya
    Ugo hakekot...manjing rasane...2X
    juga hakikatnya masuk dalam perasaannya

    Alqur'an kodhim...wahyu minulyo...
    Alqur'anil kodhim adalah wahyu utama
    Tanpo tinulis iso diwoco...
    tanpa ditulis bisa dibaca
    Iku wejangan guru waskito...
    itu ucapan guru sejati
    Den tancep ake ing njero dodo...2X
    ditancapkan didalam dada

    Kumantel ati...lan pikiran...
    nempel dalam hati dan pikiran
    Mrasuk ing badan kabeh njeroan...
    masuk di badan semua anggota tubuh
    Mukjizat rosul dadi pedoman...
    mukjizat rosul jadi pedoman
    Minongko dalan...manjing e iman...2X
    sebagai jalan masuknya iman

    Kelawan Alloh...Kang maha Suci...
    dengan Alloh yg maha suci
    Kuduh rangkulan rino lan wengi...
    harus bersama siang dan malam
    Di tirakati di riadhoi...
    di tirakaki dan di riadhoi
    Dzikir lan suluk jo nganti lali...2X
    dzikir dan tunduk jangan sampai lupa

    Urip e ayem...rumongso aman...
    hidupny tentram merasa aman
    Dununge roso tondo yen iman...
    besarnya rasa tandanya iman
    Sabar nerimo snajan paspasan..
    selalu sabar menerima walaupun pas"an
    Kabeh tinakdir saking pengeran...2X
    semua sudah ditakdirkan oleh Alloh

    Kelawan konco...dulur lan tonggo...
    bersama teman saudara dan tetangga
    Kang podo rukun ojo daksio...
    selalu rukun jangan di siasiakan
    Iku sunnah e rosul kang mulyo...
    ini sunahnya rosul yg mulya
    Nabi muhammad...panutan kito...2X
    nabi muhammad panutan kita

    Ayo nglakoni...sekabeane...
    ayo melakukan semuanya
    Alloh kang bakal ngangkat drajate...
    Alloh yg akan mengangkat derajatnya
    Senajan ashor toto dhohire...
    walaupun sederhana badannya
    Ananging mulyo makom drajat e...2X
    tetapi mulia untuk derajatnya

    Lamun palastro...ing pungkasane...
    menenangkan jiwa dalam petunjukNya
    Ora kesasar roh lan sukmane...
    tidak tersesat ruh dan jazadnya
    Den gadang Alloh syuargo manggone...
    dijanjikan Alloh untuk menempati syurga
    Utuh mayite...ugo ules...2X
    wutuh jazadnya sampai bentuknya

    Ya roshulalloh..salam mun'alaika...
    Ya rofi'asyaaniwaddaarojii....
    'Athfataiyajii rotal'alaami...
    Ya Uuhailaljudiwalkaromi.....2X

    BalasHapus
  42. ijin mengartikan,tp pasti banyak yg tidak sepaham, yg penting jangan mengafirkan aja.heheehehe.
    skalian share, salam kenal

    BalasHapus
  43. salam santri informatika

    BalasHapus
  44. Makasih postinganya.
    Semoga bermanfaat mas brow...

    BalasHapus
  45. Banyak makna yg tersirat dibalik pesan2 dr lyrik ini.. Coba dilihat dari kaca mata ilmu Makrifat... Dan tolong dipahami untuk semuanya saudara2ku "laku torikot lan makrifate, ugo hakikot manjing rasane", dan jgn hanya berhenti belajar pd SYARIAT sajaa, krn roh lan sukmone akan kesasar.. Alhamdulillah bermanfaat sentilan ini untk kita meningkatkan seri ilmu..

    BalasHapus
  46. Banyak makna yg tersirat dibalik pesan2 dr lyrik ini.. Coba dilihat dari kaca mata ilmu Makrifat... Dan tolong dipahami untuk semuanya saudara2ku "laku torikot lan makrifate, ugo hakikot manjing rasane", dan jgn hanya berhenti belajar pd SYARIAT sajaa, krn roh lan sukmone akan kesasar.. Alhamdulillah bermanfaat sentilan ini untk kita meningkatkan seri ilmu..

    BalasHapus
  47. Pak ustat saya mohon kalau bisa ditermahkan ke dalapm bahasa madura dan akan dikirimkan pelosok pedesaan yg maduranya yg masi kolot

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahahaha....saya yang ndak tahu dan ndak mampu berbahasa madura...

      Hapus
  48. Pak ustat saya mohon kalau bisa ditermahkan ke dalapm bahasa madura dan akan dikirimkan pelosok pedesaan yg maduranya yg masi kolot

    BalasHapus
  49. Syairnya mantab banget
    bisa buat belajar

    BalasHapus
  50. Punya Mbah Gus Dur Syiir tanpo waton...jadi yah mesti bagus...bukan hanya bagus kalimatnya...tapi dalam maknanya....

    BalasHapus
  51. Membanggakan...
    Suka bgt dg syairnua

    BalasHapus
  52. syi'ir yg seperti ini ada yg lain gak ya.............

    BalasHapus
  53. Syair yg sangat bermanfaat, mbah Gusdur memang panutan NU

    BalasHapus
  54. Terimakasih syair syiir tanpo waton, saya yg nasrani saja merinding dengar lagu laras ini, sangat menyentuh hati.

    BalasHapus
  55. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  56. Sungguh lagu pujian yg mengharukan, saya setiap hari mendengarkan lagu itu d nyanyikan d byak masjid\mushola di surabaya termasuk sbelah tmpat tinggal saya,, saya seneng klo pas lagu itu d puter saat-saat 30 mnit sblum azan betapa lagu itu terus menyejukkan hati dan mmbimbing d jalan kebenaran.. Kebetulan saya asli org jawa jdi pertama saya mndgarkan saya tau betul manfaat lagu itu sangat berguna.. Mudah2han bisa mnunjukkan org yg salah arah dan Semoga yg mnciptakan diberkahi pahala yg banyak..

    BalasHapus
  57. Mudah-mudahan sholawat ini menyadarkan orang-orang yang merasa dirinya orang.

    BalasHapus
  58. Syi'ir yang sangat menyentuh hati. Tapi maaf Syi'ir ini bukan dari Gus Dur., tapi dari seorang Gus yang punya pondok pesantren di Sidoarjo.

    BalasHapus
  59. tunggu2 apa maksudnya jgn hanya belajar Syari'at ISLAM???
    Apa mksdny jhn hanya menghafal AL QUR'AN DAN HADITS????

    Apakah Syari'at ISLAM itu tdk sempurna???
    knp isi syiirnya memojokkan org yg mengamalkan dan mempelajari Syari'at ISLAM scr kaffah???
    koq seakan2 klo menegakkan Syari'at ISLAM itu tdk baik???

    BalasHapus
    Balasan
    1. mohon maaf mas/mb/bu/pak anonim menurut pemahaman saya yang dimaksud "Ojo mung ngaji syare'at bloko" atau diartikan "jgn hanya belajar Syari'at ISLAM (saja)" itu maksudnya jangan hanya belajar tetapi di praktekkan juga dalam dunia nyata
      trus "Akeh kang apal....Qur'an Hadist e..." kurang tepat diartikan "jhn hanya menghafal AL QUR'AN DAN HADITS????" yang sesuai adalah "banyak orang yang hafal AL-Qur'an dan Hadits" bisa di bilang pandai tetapi ada lanjutannya "Seneng Ngafirkeh marang liyane..." punya kebiasaan menyalahkan (menakafirkan) orang lain.itu tentu jga ga baikk
      mempelajari apapun alangkah baiknya secara utuh insyallah akan baik untuk semuanya.. matur suwun

      Hapus
    2. mhn ijin menambah tafsir ojo mg ngaji sareat bloko,menjadi muslim jgn berhenti di sareat aja,hrs d lanjutkan dg tariqohnya dg haqiqat sp pd ma'rifatNYA.Krn d jaman ahir ini mayoritas muslim tk tak hawatirkn minimnya iman,tp lbh hawatirkn minimnya uang,pesimis dlm prlombaan ahirat tp optimis dlm prlombaan dunia,

      Hapus
    3. mhn ijin menambah tafsir ojo mg ngaji sareat bloko,menjadi muslim jgn berhenti di sareat aja,hrs d lanjutkan dg tariqohnya dg haqiqat sp pd ma'rifatNYA.Krn d jaman ahir ini mayoritas muslim tk tak hawatirkn minimnya iman,tp lbh hawatirkn minimnya uang,pesimis dlm prlombaan ahirat tp optimis dlm prlombaan dunia,

      Hapus
    4. ibarat buah..
      syariat itu hanya kulit nya saja..
      krn di dalam islam ada 4 tingkatan ilmu..yaitu syariat,tarekat,hakikat dan ma'rifat...

      Hapus
  60. Insyaallah kalo banyak dibaca sahabat, saudara, muslim ku yang datang di event 212, semua akan lebih sejuk dan damai...Matur nuwun Gus Dur Guru Bangsa kami....

    BalasHapus
  61. Saya baru download 3 hari yang lalu..hampir tiap hari saya dengerin sambil meneteskan air mata karena dosa dosa saya

    BalasHapus
  62. Jin Share min, mugi barokah, amiin

    BalasHapus
  63. ijin copy mugi manfaat bagi banyak orang

    BalasHapus
  64. Syiir Tanpo Waton (bukan sembarang syair)

    Ngawiti ingsun nglaras syi’iran (aku memulai menembangkan syi’ir)
    Kelawan muji maring Pengeran (dengan memuji kepada Tuhan)
    Kang paring rohmat lan kenikmatan (yang memberi rohmat dan kenikmatan)
    Rino wengine tanpo pitungan 2X (siang dan malamnya tanpa terhitung)

    Duh bolo konco priyo wanito (wahai para teman pria dan wanita)
    Ojo mung ngaji syareat bloko (jangan hanya belajar syari’at saja)
    Gur pinter ndongeng nulis lan moco (hanya pandai bicara, menulis dan membaca)
    Tembe mburine bakal sengsoro 2X (esok hari bakal sengsara)

    Akeh kang apal Qur’an Haditse (banyak yang hapal Qur’an dan Haditsnya)
    Seneng ngafirke marang liyane (senang mengkafirkan kepada orang lain)
    Kafire dewe dak digatekke (kafirnya sendiri tak dihiraukan)
    Yen isih kotor ati akale 2X (jika masih kotor hati dan akalnya)

    Gampang kabujuk nafsu angkoro (gampang terbujuk nafsu angkara)
    Ing pepaese gebyare ndunyo (dalam hiasan gemerlapnya dunia)
    Iri lan meri sugihe tonggo (iri dan dengki kekayaan tetangga)
    Mulo atine peteng lan nisto 2X (maka hatinya gelap dan nista)

    Ayo sedulur jo nglaleake (ayo saudara jangan melupakan)
    Wajibe ngaji sak pranatane (wajibnya mengkaji lengkap dengan aturannya)
    Nggo ngandelake iman tauhide (untuk mempertebal iman tauhidnya)
    Baguse sangu mulyo matine 2X (bagusnya bekal mulia matinya)

    Kang aran sholeh bagus atine (Yang disebut sholeh adalah bagus hatinya)
    Kerono mapan seri ngelmune (karena mapan lengkap ilmunya)
    Laku thoriqot lan ma’rifate (menjalankan tarekat dan ma’rifatnya)
    Ugo haqiqot manjing rasane 2 X (juga hakikat meresap rasanya)

    Al Qur’an qodim wahyu minulyo (Al Qur’an qodim wahyu mulia)
    Tanpo tinulis biso diwoco (tanpa ditulis bisa dibaca)
    Iku wejangan guru waskito (itulah petuah guru mumpuni)
    Den tancepake ing jero dodo 2X (ditancapkan di dalam dada)

    Kumantil ati lan pikiran (menempel di hati dan pikiran)
    Mrasuk ing badan kabeh jeroan (merasuk dalam badan dan seluruh hati)
    Mu’jizat Rosul dadi pedoman (mukjizat Rosul(Al-Qur’an) jadi pedoman)
    Minongko dalan manjinge iman 2 X (sebagai sarana jalan masuknya iman)

    Kelawan Alloh Kang Moho Suci (Kepada Alloh Yang Maha Suci)
    Kudu rangkulan rino lan wengi (harus mendekatkan diri siang dan malam)
    Ditirakati diriyadohi (diusahakan dengan sungguh-sungguh secara ihlas)
    Dzikir lan suluk jo nganti lali 2X (dzikir dan suluk jangan sampai lupa)

    Uripe ayem rumongso aman (hidupnya tentram merasa aman)
    Dununge roso tondo yen iman (mantabnya rasa tandanya beriman)
    Sabar narimo najan pas-pasan (sabar menerima meski hidupnya pas-pasan)
    Kabeh tinakdir saking Pengeran 2X (semua itu adalah takdir dari Tuhan)

    Kelawan konco dulur lan tonggo (terhadap teman, saudara dan tetangga)
    Kang podho rukun ojo dursilo (yang rukunlah jangan bertengkar)
    Iku sunahe Rosul kang mulyo (itu sunnahnya Rosul yang mulia)
    Nabi Muhammad panutan kito 2x (Nabi Muhammad tauladan kita)

    Ayo nglakoni sakabehane (ayo jalani semuanya)
    Alloh kang bakal ngangkat drajate (Allah yang akan mengangkat derajatnya)
    Senajan asor toto dhohire (Walaupun rendah tampilan dhohirnya)
    Ananging mulyo maqom drajate 2X (namun mulia maqam derajatnya di sisi Allah)

    Lamun palastro ing pungkasane (ketika ajal telah datang di akhir hayatnya)
    Ora kesasar roh lan sukmane (tidak tersesat roh dan sukmanya)
    Den gadang Alloh swargo manggone (dirindukan Allah surga tempatnya)
    Utuh mayite ugo ulese 2X (utuh jasadnya juga kain kafannya)
    (habis/far)

    Sumber : Harianbangsa.com

    BalasHapus

Komentar Anda mengenai Postingan ini sangat Saya butuhkan Untuk menjadi bahan evaluasi agar menjadi lebih baik.
Follow blog saya, maka saya akan siap follow blog Anda.
Mudah-Mudahan Artikel di Atas Bermanfaat bagi kita semua.
Berkata-Katalah Yang baik, agar Hidup Anda menjadi lebih baik.

Please follow me...!!!!