Kamis, 29 September 2011

Proposal Sistem Informasi Penjualan

SISTEM INFORMASI PENJUALAN
PT.SARI MELATI KENCANA
1.     BUSINESS PROSES
“SISTEM INFORMASI PENJUALAN”
PADA PT. SARI MELATI KENCANA
PT.Sari melati kencana adalah perusahaan yang bergerak dibidang makanan.dimana nama restorannya adalah PIZZA HUT. Pizza Hut mempunyai banyak anak cabang yang tersebar di berbagai kota-kota besar di Indonesia.dalam struktural di PT.SARI MELATI KENCANA terdapat berbagi tingkatan dalam menjalankan semua sistem bisnisnya!
PT.SARI MELATI KENCANA juga memproduksi semua bahan baku yang digunakan dalam proses penjualannya sehingga semua produk akan terjamin kwalitasnya. Proses pengiriman bahan baku ke Restourant-restourant dilakukan setiap 1 Minggu sekali. Setiap pengiriman bahan baku, PT SARI MELATI KENCANA menyuplay bahan sangat banyak sekali, jadi kekurangan bahan baku makanan hampir tidak pernah habis. Jika memang habis sebelum waktu pengiriman, restaurant ini akan meminta penyuplay an bahan baku dari restaurant PIZZA HUT terdekat.
Dalam pizza hut terdapat manager area yang tugasnya menghandel restorant yang menjadi bagiannya berdasarkan wilayahnya. Misalkan 1 manager area menghandel semua restorant yang berada di wilayah Jatim. Dalam menjalankan tugasnya manager area dibantu oleh beberapa asisten manager area. Setiap asisten memegang 5 restorant yang nantinya akan melaporkan perkembangan restorant dengan dibantu manager restorant. Tugas manager restorant yang menghandel semua laporan penjualan dan karyawan serta proses produksi dibantu oleh asisten manager dan shift leader.
Setiap karyawan mempunyai password untuk login disistem penjualannya. Jadi,apabila ada pesanan dari customer karyawan, karyawan/server melist orderan lalu menginputkan pesanan berdasarkan kode pesanan dan kuantitinya lalu output yang muncul akan terbagi menjadi 3 bagian tergantung dari jenis pesanan.
Misalnya :
-          Pizza                : Tergolong menu utama sehingga outputnya akan muncul di Pre Topping.
-          Nasi, pasta       : Hidangan pembuka akan muncul di print pasta.
-          Minuman         : Hidangan penutup akan muncul diprint bar.
Semua output akan diproses, untuk semua karyawan ditugaskan untuk menyajikan hidangan yang telah dipesan. Apabila semua proses lengkap dan customer meminta bill pembelian maka kasir harus login untuk mencetak bill setelah dicetak susunan bill akan terstruktur susunan menunya meskipun karyawan atau server menginput secara acak.
Untuk pemesanan delivery, konsumen tinggal menelpon ke customer servis, dan memilih menu makanan yang di inginkan. Dari delivery ini, PT. SARI MELATI KENCANA memiliki ketentuan-ketentuan yang berlaku/syarat untuk mengirimkan pesan delivery tersebut.
Antara lain :
- Batas minimal pemesanan.
- Batas Area Pengiriman.
- Dikenakan biaya pengiriman
Sistem pembayarannya ada 3 macam yaitu menggunakan voucer dari bank,kartu kredit dan cash,Apabila membayar cash atapun voucer kasir tidak memberikan diskon.Apabila menggunakan kartu kredit BCA akan mendapatkan diskon 15% itupun tergantung dari hari pembelian karna pada hari sabtu dan minggu serta tanggal merah diskon tidak berlaku. Dari pembayaran tersebut, Konsumen mendapatkan struck pembelian yang bisa di minta langsung oleh konsumen.



2.     HIRARCHY CHART


3.     DFD Konteks Diagram


4.     DFD level 0


5.     DFD level 1
5.1.     Pemesanan
5.1.1.     Transaksi pembayaran

5.1.2.     Identitas pegawai
 

5.1.3.     Penerimaan 

5.1.4.     Laporan penjualan

5.1.5.     Maintenance bahan


6.     DFD level 2
6.1.     Pemesanan.Delivery

6.2.     Pemesanan.Menu Makanan

6.3.     Pemesanan.Input Makanan

6.4.     Laporan Penjualan.Record Laporan

7.     DFD level 3
7.1.     Pemesanan.Delivery.Identitas Konsumen

7.2.     Pemesanan.Menu Makanan.Kategori Makanan
                       

2 komentar:

  1. buat dfd nya itu pake aplikasi apa gan ?
    ko' bentuk proses sama data store nya kotak. baguss..
    mohon arahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh..itu dulu saya pake Sybase2005....

      Hapus

Komentar Anda mengenai Postingan ini sangat Saya butuhkan Untuk menjadi bahan evaluasi agar menjadi lebih baik.
Follow blog saya, maka saya akan siap follow blog Anda.
Mudah-Mudahan Artikel di Atas Bermanfaat bagi kita semua.
Berkata-Katalah Yang baik, agar Hidup Anda menjadi lebih baik.

Please follow me...!!!!