Jumat, 09 Desember 2011

Mengulas Tentang Syair Jawa

Obat hati Menurut Pandangan Islam
Salam blogger Indonesia,,, Salam blogger UPN “Veteran” Jatim. Semoga Keselamatan dan Barokah Alloh selalu Terlimpahkan kepada kita.
Kali ini saya ingin mengulas tentang Obat hati menurut pandangan Islam. Terutama hal ini saya ambil dari Syair Jawa. Yang berjudul “Tombo Ati”. Sebelumnya mohon maaf jika saya yang sok-sok an ini berpendapat demikian. Mari kita simak sedikit Syair Jawa ini :


            Tombo ati iku Limo Perkorone….
Kaping pisan moco Qur'an sakmanane…..
Kaping Pindo Sholat Wengi Lakonono….
Kaping telu wong kang sholeh kumpulono….
Kaping papat kudu weteng betah Luwe….
Kaping Limo Dzikir wengi ingkang suwi….
Salah suwijine sopo biso ngelakoni….
Insya Alloh Gusti Alloh Ngijabani…..
Mendengar Syair tersebut, sebenarnya kita, terlebih saya pribadi sudah tidak asing lagi. Bagaimana tidak, syair Jawa ini sering di Lantunkan di Masjid-masjid, Musholla pasca Adzan saat menuggu imam datang. Bahkan Musisi Lagu pop Terkenal Opick membawakan Syair Jawa ini didalam salah satu albumnya. Namun kita, terlebih saya pribadi kurang paham dan percaya kalau tembang atau syair itu merupakan Hal yang sangat Luar Biasa untuk mengobati Hati pada saat terserang penyakit Sedih, kecewa, Galau, terlimpah masalah besar, musibah dan sebagainya.
Buktinya, apa yang menjadi sasaran kita pada saat Hati kita lagi Kacau karena halusinasi atau drama Kehidupan kita dibumi ini?? Diam…?? Marah…? Atau berbuat yang tidak-tidak karena pendapat diri ini hidup hanya sekali? Itulah yang kadang sering saya lakukan pada saat hati dan pikiran ini merasa Heng atau tertimpa sebuah masalah.
Dari syair di atas menjelaskan tentang tombo ati atau obat hati ada Lima cara pengobatan.
Yang petama :
Moco Qur’an sak maknane(Baca Al-Qur’an dengan memahami maknanya). Kenapa dalam Syair ini menyarankan kita membaca Al-Qur’an?? Karena Firman Alloh sungguh Luar Biasa dan Alloh menurunkan Firman ini dengan berbagai macam Keistimewaan dan Keajaiban didalamnya. Salah satunya membuat hati kita tenang. Ini bukanlah omong kosong saya, namun kenyataan yang saya alami demikian. Subhanalloh…sungguh Luar Biasa Alloh menciptakan Al-Qur’an sebagai Pedoman Hidup Manusia. Dimana pemahaman Makna firman Alloh sangat dibutuhkan karena itu dapat menuntun diri ini untuk menjadi Lakon dalam drama kehidupan ini menjadi lebih baik.
Yang kedua :
Sholat wengi lakonono (Sholat malam Lakukanlah). Setelah seharian kita melakukan aktifitas dengan berbagai macam yang kita lakukan, mulai dari sesuatu yang berat, ringan, berPikir dan sebagainya, membuat kita menjadi lelah, karena itu merupakan hal yang lumrah. Aktifitas seperti ini membuat peredaran darah kekepala kita kurang lancer. Hal inilah yang kadang membuat pikiran kita kacau. Sholat malam merupakan salah satu jawabannya karena dalam sholat ada sujud untuk memperlancar peredaraan darah kita yang terhambat. Dan dalam kesunyian malam, membuat hati kita tenang, fokus dalam membimbing hati kita untuk lebih mengenal Alloh.
Yang ketiga :
Wong kang sholeh Kumpulono(Berkumpullah dengan Orang-orang yang baik). Beberapa orang bijak mengatakan “Jika kamu ingin Berbau Harum, maka berkumpullah dengan orang-orang penjual parfum”. Jadi artinya, jika kita ingin menjadi orang-orang baik, maka berkumpullah dengan orang yang baik pula.(nb:Khusus bagi orang awam seperti saya). Karena kebaikkan adalah sarana menuju hidup yang damai. Pikiran dan hatipun tenang.
Yang keempat :
Kudu weteng betah luwe(perut harus mampu menahan lapar/ Puasa). Karena puasa memiliki banyak khasiat dalam kesehatan jasmani dan rohani. Mengapa demikian? Karena puasa yang saya maksud tidak hanya menahan lapar saja, namun juga menjaga diri dari segala perbuatan maksiat. Dalam bidang kesehatan puasa sangatlah di anjurkan kepada siapapun yang ingin sehat. Sedangkan menahan diri dari maksiat adalah inti dari puasa tsb. Karena hati ini akan mudah keras dan akan tertutup dengan kejelekan sehingga kebaikkan-kebaikkan sulit untuk masuk, jika sering kita isi dengan kemaksiatan. Oleh karena itu, puasa salah satu Obat untuk menjadikan hati kita senantiasa terjaga dari hal-hal yang buruk.
Yang kelima :
Dzikir wengi ingkang suwe (Berdzikir di malam hari). Mengingat Alloh adalah sarana kita untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Dalam dzikir sendiri memiliki khasiat untuk menenangkan pikiran kita. Mulut selalu terjaga, mengucapkan yang baik-baik dan bertindak sebagai seorang yang baik pula. Sehingga kita akan mendapatkan ketenangan didalamnya.
Salah suwijine sopo biso ngelakoni….
Insya Alloh Gusti Alloh Ngijabani…..

Dan barang siapa yang dapat menjalankan, maka Alloh akan mengabulkan do’a kita untuk selalu menjadi orang yang berhati bersih, menghasilkan yang baik-baik karena itu akan membawa kebaikkan pula kepada diri kita. Dan semoga bermanfaat.

21 komentar:

  1. Terima kasih atas pencerahannya sahabat...Memang lima perkara yang akan menenangkan hati kita bila kita laksanakan dengan sepenuh hati dan ikhkas mengharap ridho Allah Ta'ala

    BalasHapus
  2. @cardiacku...sama-sama kawan...Bismillah.....

    BalasHapus
  3. makasih ya mas pelajaran bhs. jawax sekaligus tausiyahx...., syukran *smile

    BalasHapus
  4. Pena hadir dan absen melam sob sambil baca postingannya.
    Thanks atas sharenya sob

    BalasHapus
  5. @Rohis....Sama-sama kawan...n Maaf ya Klo saya yang sok keminter ini postingannya gni...hehehehehe.....

    @tautanpena...terima kasih atas kunjungannya kawan...n sama-sama...

    BalasHapus
  6. kunjungan silaturahmi sobat,, terima kasih atas penjelasannya tentang syair jawa ini,, salam,, :)

    BalasHapus
  7. @Rama88..sam-sam kawan...kunjungan balik segera....

    BalasHapus
  8. Syair yg penuh dg nasehat.. semoga kita bisa menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  9. @catatan Kecilku...amien..amien...mudah-mudahan...

    BalasHapus
  10. ikut meramaikan komentar agan...maaf ga sempat baca sampai selesai cause keburu mau pulang dulu :)

    BalasHapus
  11. @jurnal....iya kawan...ndak p2..terima kasih atas komennya...

    BalasHapus
  12. emang membuat hati berdebar....

    BalasHapus
  13. alhamdulillah, terimakasih syairnya bagus, ada hikmah untu bisa kita renungkan bersamna bahwa hidup ini perlu keseimbangan dan kewajiban beribadah kepada Allah Subhanhu Wa Ta'ala.

    BalasHapus
  14. @Heri Blog.....Alhamdulillah...Mudah-mudahan mengingatkan kita semua....dan tidak hanya sebagai pengetahuan...namun juga sebagai acuan untuk mendapatkan RidhoNya....

    BalasHapus
  15. @Dakwah Syariah....amien-amien...mudah-mudahan bermanfaat....

    BalasHapus
  16. mas point nomor satu bisa dijelaskan bagaimana makna2 yang nada di dalam Al-qur'an itu dapat menenangankan hati kita?.. makasih mas.. salam Ruangkreasi

    BalasHapus
  17. @guzgazguz...Bismillah....
    Kuncinya itu adalah Tujuan hidup kita apa sich???kan Gtu. dan pasti jawabannya(Ingin Bahagia dunia akirat...)iya tidak???hehehehe..untuk mencapai semua itu kan banyak nich rintangannya..mulai faktor dari dalam diri sendiri maupun faktor external...Marah,,sedih,,emosi,,Masalah,,dosa,,salah,,benar,,musibah,,cobaan dan masih banyak lagi,,, merupakan Hal Yang pasti di alami Manusia...dan Tutorialnya untuk mencapai Tujuan itu,,dalam Al Qur'an semuanya ada...
    contoh..dalam surat Al-Fatihah

    إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ
    "Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan".
    "kami menyembah" dapat di artikan sebagai Perintah-perintah Alloh...
    kemudian "kepada Engkaulah kami mohon pertolongan". Baru kita memohon. kita yakin akan kebenaran Ayat tersebut. kita beriman kepada Firman2Nya..maka apapun masalah(Agenda) kita, Alloh akan selalu menuntun kita untuk menyelesaikan Agenda tsb. keyakinan adalah modal untuk dapat memahami makna trsbut. Kita yakin, bahwa tidak ada suatu masalah yang tidak dapat kita selesaikan. maka untuk apa kita marah2..emosi..sedih("")..kecewa..toh itu adalah Hal yang bersifat tidak Kekal... :)
    salam kenal Mas...mudah-mudahan bermanfaat..mohon maaf jika kurang berkenan atau kurang mampu menjawab pertanyaan sampyan...

    BalasHapus
  18. @guzgazguz..Mungkin postingan saya yang ini membantu menjawab pertanyaan sampeyan...

    http://mrofiuddin.blogspot.com/2011/12/merubah-kata-yang-tidak-baik-menjadi.html

    BalasHapus
  19. alangkah indahnya makna ALQUR'AN yang tertulis dan lebih indah lag! kalau kita bisa memahami makna dari ayat2 alqur an yang tak tertulis,.
    silaturohim bang..follback succes
    matur suwon..

    BalasHapus
  20. @satrioedan....(^_^)...iya kawan..anda benar....terima kasih atas follback n commentnya...hehehehe

    BalasHapus

Komentar Anda mengenai Postingan ini sangat Saya butuhkan Untuk menjadi bahan evaluasi agar menjadi lebih baik.
Follow blog saya, maka saya akan siap follow blog Anda.
Mudah-Mudahan Artikel di Atas Bermanfaat bagi kita semua.
Berkata-Katalah Yang baik, agar Hidup Anda menjadi lebih baik.

Please follow me...!!!!