Selasa, 20 Desember 2011

Jurusan Sistem Informasi UPN “Veteran” Jatim

CeritaKu Tentang
Jurusan Sistem Informasi UPN “Veteran” Jatim

Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, atau yang lebih dikenal yaitu Kampus UPN merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Jawa Timur. Berbagai Jurusan / program studi yang disediakan tidak lain untuk memenuhi kebutuhan akan akademik di Era Globalisasi pada saat ini dan yang akan datang.
Salah satunya program studi Sistem Informasi. Program studi yang dibuka dan diresmikan sebagai memenuhi permintaan akan akademik dibidang Information System dengan amanat tanggung jawab yang dijalankan sebagai berikut:
VISI
“Menjadi Pusat Studi, Riset Dan Pengembangan  Ilmu Dan Teknologi Sistem Informasi Cerdas Guna Mendukung Tata Kelola Bisnis Dan Pemerintahan Yang Baik Pada Tahun 2015”
MISI
Mengembangkan Program Pendidikan Dibidang Sistem Informasi Sejalan Dengan Perkembangan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Informasi Dan Berorientasi Serta Relevan Dengan Kebutuhan Pengguna Lulusan

Mengembangkan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dibidang Sistem Informasi Melalui Kegiatan Penelitian
Menerapkan Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi Dibidang Sistem Informasi Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat
Menjalin Kerjasama Baik Dengan Lingkungan Industri, Maupun Instansi Pemerintahan.
Program studi ini baru diresmikan dan berdiri sebagai salah satu Jurusan di Fakultas Teknologi Industri pada tahun 2007/2008. Fasilitas demi fasilitas semakin meningkat di jurusan tersebut. Mulai dari Laboratorium, Kualitas dosen Pengajar minimal pendidikan terakhir S2, dan komunitas-komunitas yang berdiri didalamnya. Dan tidaklah heran kalau sampai detik ini Mahasiswa di Jurusan Sistem Informasi UPN “Veteran” Jatim lebih dari 400 Mahasiwa. Sehingga menurut Informasi yang saya dapat, Pendaftaran ditutup sebelum waktunya karena Jumlah pendaftar yang membludak.
Laboratorium pada saat ini yang ada di Jurusan Sistem Informasi UPN “Veteran” Jatim sudah mampu melengkapi kebutuhannya sebagai penunjang mata kuliah. Mulai dari Lab.Bisnis Cerdas, Lab.Multimedia, Lab.Sistem Informasi dan Lab.Bahasa Pemrograman yang support untuk meningkatkan sarana belajar mengajar di Jurusan dan juga sebagai sarana kegiatan pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa maupun Dosen di Jurusan Sistem Informasi.
Terlepas dari Fasilitas-Fasilitas yang disediakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Berbagai komunitas yang berdiri di Bawah Jurusan Sistem Informasi UPN “Veteran” Jatim juga ikut mewarnai Jurusan tersebut. Antara Lain Komunitas MIO(Mahasiswa Interest Oracle) sebagai wadah bagi mahasiswa yang interest dengan Pemrograman dan DataBase Oracle Kemudian Komunitas JuSE(Junior Smart Enterprneur) sebagai wadah bagi mahasiswa yang ingin belajar Berbisnis.
Sebagai Jurusan, merupakan sebuah tuntutan bagi mahasiswa dan tidaklah lengkap jika tidak ada Himpunan yang ada didalamnya sebagai wadah Aspirasi Mahasiswa. HIMASIFO (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) adalah jawaban dari tuntutan tersebut. Merupakan himpunan yang selalu siap menjadi tempat Penampung Saran dan Kritik dari Mahasiswa yang ada diJurusan guna untuk meningkatkan kualitas Jurusan Sistem Informasi UPN “Veteran” Jatim.
Namun, tidaklah Fasilitas dan komunitas yang menjadi Unggulan di Jurusan ini, Berbagai Kompetensi Unggulan sesuai dengan Program Studi antara lain : Java Programmer, Database administrator, Web Application Developer, Mobile System Specialist, Network Administrator dan Intelligent Bussiness System Expert.
Dengan kompetensi unggulan tersebut, banyak prospek kerja yang sesuai dengan Jurusan ini, yaitu : Sebagai Programmer, System Analyst, IT System Developer, System Auditor, Administrator Database, Administrator Jaringan Komputer, Tenaga Pengajar / Instruktur, Electronic Data Processor, Staff IT Perusahaan/Pemerintah, IT Help Desk, Wirausaha Berbasis IT, System Documentator dan Web Developer.
Namun tidak hanya itu, berbagai kegiatan dalam 2 tahun terakhir juga sangat membantu dalam meningkatkan kualitas SDM Mahasiswa di Progam Studi Sistem Informasi. Mulai dari kegiatan ITFAIR, UKM FAIR, Seminar Nasional yang mengundang lebih dari 600 Guru SD.SMP dan SMA. Dan juga berbagai kegiatan Pengabdian Masyarakat dengan melatih Internet Sehat bagi Guru di Jawa Timur melalui Gerakan Internet Keluarga(IGA) yang di eksekusi oleh Dosen dan Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi. Sehingga Prodi Sistem Informasi UPN “Veteran” Jatim Sangat Layak menjadi salah satu Prodi Favorit diFakultas Teknologi Industri.


5 komentar:

  1. Wuiiihh..mantef ni artikel..trims bang sdh ikut membaca aku nih..hehhe

    BalasHapus
  2. @trenfo...suwoon....

    @Icah banjarmasin...terima kasih kawan.....

    BalasHapus
  3. mantebh
    kampus bela negara
    btw agan ney angkatan thun brp?

    BalasHapus
  4. @District16...oouuww..Jelas....hehehehe....Angkatan kedua..2008.

    BalasHapus

Komentar Anda mengenai Postingan ini sangat Saya butuhkan Untuk menjadi bahan evaluasi agar menjadi lebih baik.
Follow blog saya, maka saya akan siap follow blog Anda.
Mudah-Mudahan Artikel di Atas Bermanfaat bagi kita semua.
Berkata-Katalah Yang baik, agar Hidup Anda menjadi lebih baik.

Please follow me...!!!!