Jumat, 04 November 2011

Orang Bertaqwa VS Orang Mokong

Orang Bertaqwa yang tidak tahu diri 
VS 
Orang yang mokong namun Sadar diri

Di Ceritakan dalam sebuah dongeng, tentang orang yang tekun beribadah dengan orang yang hampir dalam hidupnya tidak pernah melakukan kebaikan(alias Wong Mokong Marang Gusti Pengeran). 
Suatu ketika, di akhirat ada 2 Orang katakanlah :
“Si A”(orang yang tekun beribadah) dan 
“Si B”(Orang yang Tidak pernah menjalankan perintah-perintah Tuhan)

Kedua Orang Tersebut sedang menunggu perhitungan amalnya selama mereka hidup didunia, untuk menentukan orang ini masuk Syurga atau masuk neraka. Ketika masing-masing menerima buku catatan amalnya, Si A adalah giliran yang pertama. Dan Si A sangatlah senang, bagaimana Tidak, selama hidupnya ia gunakan untuk beribadah kepada Tuhannya. Ibaratnya itu merupakan saat menerima dan menikmati hasil dari Ibadahnya selama didunia, dan dia menerima buku catatan amalnya dengan tangan kanan. Hal ini jelas bertanda baik.

Namun lain dengan Si B, dia menerima buku catatan amalnya dengan tangan kiri. Hal ini bertanda buruk. Tapi  Si B Menerimanya dengan segala kelapangan dadanya, karena dia sadar bahwa ketika semasa hidupnya dia tidak pernah melaksanakan perintah Tuhannya. Akhirnya Bercakap-cakaplah keduanya :
·         Si A :"hahahaha....Saya menerima buku catatan saya dengan tangan kanan, dan isinya adalah amal-amal ibadah saya selama saya hidup didunia, sedangkan kamu(Si B), apa yang kamu banggakan dari hal itu,,dan celakalah kamu yang menerima buku catatan amal kamu dengan tangan kiri"...
·         Si B menjawab : "Berbahagialah kamu yang telah menerima buku catatanmu dengan tangan kanan, dan itu memang pantas bagimu. Dan ini adalah pantas bagiku"
Percakapan belum selesai, kemudian Tuhan datang kepada keduanya.
·         Tuhan :"Wahai Si A, Kamu akan Aku masukkan keSyurgaKu Semata-mata Karena RahmatKu.."
·         Si A menjawab  : "wahai Tuhan,,Seungguhnya Selama hidupku didunia aku isi keseharianku dengan ibadah kepadaMu, Siang aku puasa, dan malam hari aku bertahajud kepadaMu. Maka Pahala yang aku dapatkan sangatah banyak sehingga aku akan Engkau masukkan kesyurgaMu karena amalku dan Ibadahku"
Kemudian Tuhan Berkata Lagi.
·         Tuhan :"Wahai Si A, Kamu akan Aku masukkan keSyurgaKu Semata-mata Karena RahmatKu.." sampai 3 kali Tuhan memberikan Pernyataan yang sama, namun Si A menjawab dengan jawaban yang sama pula.
Akhirnya…..
·         Tuhan : "Baiklah Si A, jika kamu merasa demikian, Pahalamu yang kamu dapatkan diDunia akan Aku timbang(hitung) dengan rahmatKu yang hanya sedikit dari apa yang telah Aku berikan banyak kepadamu,Yaitu "Kenikmatan Mata yang kamu Gunakan"...".

Kemudian Malaikat diPerintahkan Tuhan untuk mengumpulkan semua amal baiknya didunia. Setelah terkumpul semua amal baiknya, kemudian Tuhan memerintahkan Malaikat untuk menimbang amal-amal tersebut dengan kenikmatan Mata yang diberikan kepada SiA oleh Tuhan. Dan apa yang terjadi, Subhanalloh….Pahalanya TIDAK ADA BANDINGANNYA DENGAN RAHMAT YANG TELAH DIBERIKAN OLEH TUHAN KEPADANYA. Maka jika pahala tsb diTukar dengan Rahmat Tuhan Hanya sebagian dari yang telah diberikan kepada Si A, berupa kenikmatan Mata, Habislah pahala tersebut. Kemudian Si A menyadari betapa besar Rahmat Tuhan yang diberikan kepadanya. Maka :
·         Tuhan : “Wahai Si A, pahalamu tidak ada bandingannya jika dibandingkan dengan RahmatKu yang begitu sangat sedikit dari sebagian besar yang telah Aku berikan kepadamu. Dan karena kamu Tidak mensyukuri NikmatKu, maka kamu Akan Aku masukkan keNeraka.”
Akhirnya Si A menangis, dan memohon Ampunan kepada Tuhannya, dan Tuhan mengabulkan permohonan maafnya dan memasukkannya ke tempat yang mulia di Syurga.

Kemudian beralih ke Si B, Tuhan Berkata kepada Si B:
·         Tuhan :”Wahai Si B, selama hidupmu kamu tidak pernah beribadah kepadaKu, kamu Tidak pernah melaksakan perintah-perintahKu, maka Aku akan memasukkanmu kedalam NerakaKu”
Tanpa Basa basi, Si B langsung Lari dan meloncat menuju Neraka….Namun belum sampai diNeraka, Tuhan memerintahkan Malaikat untuk membawa kehadapanNya,, akhirnya Si B di hadapkan kepada Tuhan.dan Tuhan Bertanya…
·         Tuhan :”Wahai Si B, kenapa kamu langsung Lari dan meloncat keNeraka???”
·         Si B Menjawab :”Wahai TuhanKu, selama hidupku aku belum pernah melaksanakan perintahMu dan ibadah kepadaMu. Maka Aku sadar akan kesalahanKu dan untuk kali ini, ijinkan aku untuk menaati perintahmu walaupun itu akan membawaku kenerakaMu wahai TuhanKu ”.
·         Tuhan :”Wahai Si B, karena kamu telah menyadari akan kesalahamu dan mentaati perintahKu meskipun hanya kali ini, Maka Aku akan memasukkan kamu keSyurgaKu dengan RahmatKu..”
Akhirnya Si B Mendapatkan ampunan dari Tuhan Atas Dosa-dosa yang pernah ia lakukan, dan dimasukkanlah kedalam Syurga Tuhan yang kekal abadi didalamnya.

Kawanku yang budiman, dari cerita di atas, bukan berarti kita seenaknya meninggalkan kewajiban kita sebagai seorang Muslim. Namun yang perlu kita Garis bawahi yaitu, Jika kita Ibadah alangkah Luar biasanya kalau Niatnya bukan karena cari pahala, namun taat kepada Tuhan merupakan wujud rasa Syukur kita terhadap Nikmat dan Rahmat Tuhan yang diberikan kepada Kita. Yang dahulu, saat ini dan Nanti.
Mudah-mudahan bermanfaat….amieen……

45 komentar:

  1. izin nyimak disini ya om,, salam kenal juga,, :)

    BalasHapus
  2. Silahkan Singgah....
    N mohon maaf jika ada yang kurang berkenan....

    BalasHapus
  3. sering dengar saya cerita ini mas.
    dan memang ini yang saya pandang sebagai mosslem..bukan tampilan dan ibadah yang di minta tuhan. tp lebih kepada kebersihan hati dan kesadaran diri. (tidak mengesampingkan ibadah lho ya..:D)
    engko di protes neh.. :D

    BalasHapus
  4. @gentong.....Yo ngunu Mas,,,,ngerti o....hahahahahahaha

    BalasHapus
  5. terharu ane cuy... semoga kita nanti mendapat rahmat Allah, dan di hari elak nanti kita mendapat syafa'at dari nabi besar kita cuy Amin...

    BalasHapus
  6. siiiipppppp hahahaahahha.,.,.,., bagus2.,.,. lanjutkan.,.,.,


    www.trenfo.blogspot.com

    BalasHapus
  7. @software online...amien amien.....terima kasih Kawan....

    @trenfo....terima kasih sudah ngasih komennya....

    BalasHapus
  8. nice post kawan....
    mampir juga n komen di sini ya...
    Di batas Merah Putih..........
    Selengkapnya di http://arisambon.blogspot.com/2011/12/di-batas-merah-putih.html

    BalasHapus
  9. wah nice share mas :D ini udah pernah saya dengar pas ceramah di smp hehe

    BalasHapus
  10. very nice postingannya gus rofiq..
    selamat berkarya.. :)

    http://ichallan.blogspot.com/2011/12/bangga-menjadi-muslim.html

    BalasHapus
  11. @sampeweweh...Wah,,Luar biasa...masih inget e...hehehehehe...iya Bang,,ini dl ane di cerita i sama Ustadz ane...hehhehehe

    BalasHapus
  12. @ichallan....terima kasih atas kunjungannya...hehehehe....Biasa ae nek Nyeluk..ojok Gus t...waduuuwwh....

    BalasHapus
  13. mantaf post nya bang...semoga kita selalu diberi hidayah untuk selalu mendekatkan diri dan bertawakkal kepada Allah...

    BalasHapus
  14. jadilah orang yang selalu merasa berdosa agar kita selalu mencari Rahmat dan AmpunanNYA!!......

    BalasHapus
  15. Cerita menarik, bener banget, ibadah karna rasa syukur bukan mencari pahala :D

    BalasHapus
  16. @Kang Farhan...amien amien...maturnuwun Kang....

    BalasHapus
  17. @Bang Iduy....hehehehe...iya sobat...anda bener....(^_^)


    @CatatanArdha....shiip sobat....terima kasih bwt kunjung baliknya...

    BalasHapus
  18. Amiin, semoga dan harus berusaha utk selalu mengingatkan diriku snediri dengan Niat bukan karena cari pahala, namun taat kepada Tuhan merupakan wujud rasa Syukur kita terhadap Nikmat dan Rahmat Tuhan yang diberhkan kepada Kita. Yang dahulu, saat ini dan Nanti.

    BalasHapus
  19. @Ririe Khayan...amien-amien....Alhamdulillah.....terima kasih Mbak....

    BalasHapus
  20. Nice Post,,,nice info,,,terima kasih info nya,,,ijin baca-baca ya gan,,,,,sukses selalu nih buat blog nya

    BalasHapus
  21. B'art..terima kasih kawan....monggo silahkan.....amien amien...

    BalasHapus
  22. subhanallah,, ceritanya menggugah hati,,,, semoga para bisa mencerna dengan benar agar tidak terpatok seperti B yang tidak suka ibadah tapi menaati perintah tuhan saat terakhir dan masuk surga... terimakasih pencerahanya :D

    BalasHapus
  23. @keluargaAle..bener sobat...alangkah TIDAK TAHU MALUNYA jika kita ibadah kepada Tuhan semata-mata karena mencari pahala/untuk kepentingan dunia....

    BalasHapus
  24. Salam kenal, baru sekali berkunjung :)

    BalasHapus
  25. syukur atas nikmat Allah dan ikhlas menjalankan segala perintah Allah... beribadah tanpa adanya ikhlas, sama saja sia2.

    makasih sob atas tausiyah yang begitu bermakna dengan suguhan cerita di malam ini.

    salam blogger ^^

    BalasHapus
  26. @segaraBanyuBening...salam kenal jug sobat...


    @jejakPuisi...sama2 sobat..mudah2an bermanfaat..amien...

    BalasHapus
  27. Nice Story !!!!!!
    semoga kita bersama orang - orang yang selalu bersyukur kepada-Nya !!!

    BalasHapus
  28. @suryaSurabaya,,,,amien amien....terima kasih do'anya sobat...

    BalasHapus
  29. Sip banget nih masbro...ane setuju ibadah semata - mata karena Alloh...dan memang benerko kalo kita maksuk surga itu juga semata - mata karena rahmat dari Alloh bukan karena hasil usaha kita...surga terlalu mahal kalo harus kita tukar dengan ibadah kita yang kadang asal - asalan..OK tetap semangat tuk berbagi..salam sehat wassalam..

    BalasHapus
  30. @PasarHerbal...terima kasih Kang...amien amien bwt do'anya..mudah2an anda juga seantiasa diberi kesehatan....amien

    BalasHapus
  31. Nice Post, Nice bLog...
    FuLback sucsess, numb. 288. Thanks Kerja samanya,,,
    Salam bLogger,

    BalasHapus
  32. @SangPembelajar...terima kasih sobat....sama-sama...(^_^)

    BalasHapus
  33. mampir kembali untuk follback #315

    BalasHapus
  34. kalau dicerna dengan baik dan dengan dasar ilmu dan ketaqwaan,cerita ini bagus mas,namun kalau ini dibaca oleh orang yg tidak berilmu dan memang suka mencari dalil sebagai pelarian dari kenakalannya,bisa bisa ini dijadikan dalil tuh mas,orang sekarang kan emang banyak akalnya.hehehe..
    maaf ya mas bukan menyalahkan lo...
    maaf baru bisa main main lagi mas,lain kali main lagi keblogku ya mas.
    oh ia mas,sekalian nanya nih,blog sampean ini dofollow ta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe.....iya Bang...di Point terakhir sampun di warning...

      Insya Alloh Injeh....
      Ok..segera mluncur ketempat sampyan....

      Hapus
  35. aq nyimak aj mas bro, .......

    BalasHapus

Komentar Anda mengenai Postingan ini sangat Saya butuhkan Untuk menjadi bahan evaluasi agar menjadi lebih baik.
Follow blog saya, maka saya akan siap follow blog Anda.
Mudah-Mudahan Artikel di Atas Bermanfaat bagi kita semua.
Berkata-Katalah Yang baik, agar Hidup Anda menjadi lebih baik.

Please follow me...!!!!