Rabu, 30 November 2011

Keajaiban Mendo'akan Orang Lain

Keajaiban mendo’akan orang Lain
Salam blogger UPN…
Salam blogger Indonesia…..
Dalam sebuah perjalanan hidup saya, banyak hal dan pengetahuan yang saya dapatkan. Itu sangat membantu saya dalam menulis artikel ini. Terlebih sedikit pengalaman yang pernah saya lalui.
Saat kita membicarakan soal Do’a,,Yang ada dibenak kita adalah memohon sesuatu kepada Tuhan. Apapun itu…. Dan seperti yang kita lakukan sehari-hari adalah selalu berdo’a untuk diri kita sendiri, keluarga, sahabat, saudara dan orang yang terdekat dengan kita. Namun itu adalah hal yang Lumrah. Namun sewaktu dalam sebuah perjalanan, kapanpun, dan dimanapun kita berada,  jika melihat seseorang kurang beruntung pernahkah kita mendo’akannya agar kehidupannya lebih baik??? Sadarkah kita akan Hal itu???
Memang dalam berdo’a, kadang do’a itu bertahun-tahun belum diberikan sama Tuhan. Padahal dalam Al-Qur’an Alloh berfirman kurang lebih artinya sebagai berikut.
berdo’alah, maka Aku(Alloh) akan mengabulkan do’a hambaKu

Dari firman Alloh di atas sudah jelas kalau Alloh sudah berjanji kepada Hambanya bahwa setiap do’a hambaNya akan dikabulkan. Tapi kenapa ko ada Do’a yang tidak tersampaikan atau tidak dikabulkan????
 Jadi, bukan berarti do’anya yang tidak diterima, tapi mulut kita yang tidak dapat diterima. Mulut yang sering berbicara kotor, pernah makan-makanan yang tidak halal, berbuat maksiat dan lain sebagainya. Inilah yang membuat Do’a kita tidak tersampaikan kepada Tuhan.
Sebagai manusia biasa, memang kita tidak luput dari dosa. Namun ini janganlah buat alasan untuk melakukan hal-hal yang tidak baik.
Ada Ulama mengatakan, bahwa jika kita mendo’akan orang lain, maka Malaikat akan mendo’akan hal yang sama kepada kita. Inilah kawanku yang budiman, kunci dari sebuah Do’a terletak disini.
Secara logika, jika kita menginginkan sesuatu misalkan, Ingin mempunyai Mobil yang Bagus. Kemudian kita berdo’a kepada Tuhan.
“Ya Alloh,,berikanlah aku mobil yang Bagus…..”. Perlu di ingat, itu kita yang berdo’a. dengan mulut yang penuh dosa, dan tanpa menyadari Bahwa tidak pantas Rasanya kita memohon kepada Tuhan, sedangkan Perintah-perintah Tuhan seringkali kita Hiraukan…(Benar Tidak??). Mungkinkah Do’a kita dikabulkan oleh Tuhan????(silahkan direnungkan sendiri).
Namun jika kita mendo’akan orang lain akan hal tsb,
“Ya Alloh, berilah Orang itu mobil yang Bagus…..”. karena kita mendo’akan orang lain, maka atas izin Alloh malaikat berdo’a kepada Alloh “Mudah-mudahan Alloh akan memberikan apa yang kamu do’akan untuk orang itu”. Malaikat, mahkluk yang tiada pernah berbuat dosa, selalu Taat kepada Alloh. Insya Alloh do’a itu akan dikabulkan.
Dalam kehidupan ini, kalau kita melihat para Kyai, sering kali mendo’akan kepada santri-santrinya. “Semoga engkau diberikan ilmu yang bermanfaat”. Maka do’a itu akan kembali kepadanya, yaitu Putra Putrinya dimudahkan oleh Alloh untuk mencari ilmu dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Hal ini terbukti ketika Kyai itu wafat, maka anaknya akan meneruskan kedudukan Ayahnya sebagai Kyai juga.
Kesimpulan :
Kawanku yang budiman, Sering-seringlah mendo’akan orang lain, maka kita akan di do’akan oleh malaikat dengan do’a yang sama. Toh jika kita mendo’akan orang lain, maka tidak ada ruginya bagi kita. Dan janganlah sekali-kali mendo’akan orang dengan do’a yang jelek-jelek. Maka itu akan kembali kepada kita. Karena malaikat telah mendo’akan hal yang sama kepada kita.
Kurang lebihnya mohon maaf, kiranya itu saya yang sok-sok an dan keminter ini menshare sedikit tentang kekurangannya. Terima kasih.


45 komentar:

  1. kalau begitu tolong doa'kan aku dong, insya Allah mustajab

    BalasHapus
  2. subhanallah, bagus banget renungannya ini.,
    kita memang msnusia yang selalu tak lepas dari doa, melalui malaikatlah mungkin doa kita dikabulkan seperti yang anda bilang.. :)
    masukan yang bagus..

    BalasHapus
  3. @r10...Oya Bang...saya do'akan..mudah-mudahan diberi kemudahan dalam menjalani hidup Njenengan....

    @herry...Terima kasih Mas atas kunjungannya....segera melunjur ke tempat njenengan....

    BalasHapus
  4. Lha ini mas, jujur saya sering ga sadar kalau mendoakan orang lain itu malah penting.

    Makasih-makasih postingannya :D

    BalasHapus
  5. @penamerahhitam...Alhamdulillah...semoga bermanfaat bagi kita semua...amiieen.....

    BalasHapus
  6. @rockmanticks..Kunjungan balik segera....

    BalasHapus
  7. asek asek ... semoga kita semua termasuk orang yang gemar mendoakan yang baik baik dengan sesama umat.. :D

    BalasHapus
  8. @arisnubi...anda benar mAs....amien amien....

    BalasHapus
  9. ngeblog nggak melulu cari uang... manteb... keep posting mas...

    BalasHapus
  10. @Akhnurhadi....iya Pak...Punya modal seneng Ngeblog dulu,,hehehehe,,,,

    BalasHapus
  11. Saya doakan yang menulis artikel ini selalu dalam perlindungan allah SWT.

    Postingan seperti ini saya suka :D

    BalasHapus
  12. @Keluarga Ale....amien amien...begitu juga dengan anda...mudah-mudahan demikian...(^_^)..terima kasih sobat....

    BalasHapus
  13. bagus sob, postingannya, karena do'a adalah sudah bagian dari hidup kita, tetapi jangan salah, kita berdo'a ketika kita membutuhkan saja, dan semoga sobat diberi kelancaran rizkinya, dan di beri kesehatan, lahir dan batin,

    amin.. aminnn,, ya Robbal Alamin,


    oya sob,, support balik yaa :)

    BalasHapus
  14. @UbayBingokil....bener sekali sobat...sama-sama..mudah-mudahan sobat diberi kelancaran rizkinya, dan di beri kesehatan, lahir dan batin jg....amien amien...ok Sob..siap support...

    BalasHapus
  15. Artikelnya mengingatkan ane yang merasa do'anya belum di ijabah mungkin karena banyak dosa kali ya sob...thanks dah mau berbagi dan mengiatkan...salam sukses..

    BalasHapus
  16. @pasarherbal...hehehehe...iya kayaknya Bang....amien amien...mudah-mudahan bermanfaat....

    BalasHapus
  17. subhanallah sharingnya kang,. moga doa yang terucap dari saya bisa dikabulkan oleh Allah swt

    terima kasih sharingnya ya kang..

    BalasHapus
  18. @duniasharing....amien amien....sama-sama kang...mudah-mudahan bermanfaat..(^_^)

    BalasHapus
  19. alhamdulillah... ikhlash mendo'akan saudara kita seiman akan mendatangkan rahmat dan barokah tersendiri bagi kita.
    post yg sangat bermanfaat, semoga berkah untuk abang dan yg membaca...amiin

    BalasHapus
  20. @kang Farhan..Amien amien....terima kasih Kang Farhan..mudah-mudahan bermanfaat...

    BalasHapus
  21. terima kasih informasi mas. salam kenal apotek indira

    BalasHapus
  22. @ApotekIndira...sama sama Sobat...salam kenal juga...

    BalasHapus
  23. artikel yang bagus gan,semoga ane bukan termasuk golongan diantara orang2 yang hanya ingat doa dikala mengalami kesusahan/kesulitan saja..ane doain biar blognya makin ramai dah gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien amien...terima kasih Bang....mudah-mudahan blognya Abang juga demikian....n salam kenal...hehehe..

      Hapus
  24. Saya termasuk orang yang jarang mendoakan orang lain secara khusus.
    Terimakasih telah mengingatkan.
    Salam Kenal Mas ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah....mudah-mudahan bermanfaat sobat...
      salam kenal juga....

      Hapus
  25. doa adalah senjata bagi kaum muslim

    trmis sudah diingatkan:}

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali Bang....dan DO'a adalah Ibadah.....sama-sama..mudah-mudahan bermanfaat....

      Hapus
  26. saya juga pernah denger hadis ini, dan saya praktekan manjur ternyata. ia, klo kita berdoa sendiri, mana kuat. mending di doain malaikat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. shhiiipppppp..mudah=mudahan yang hadir disini semuanya dijadikan orang yang sukses dan bahagia...amien...amien...

      Hapus
  27. ou begitu ya pak, saya jadi belajar dah. maksih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien amien....semoga bermanfaat Pak...sama-sama.....

      Hapus
  28. subhannalllaoh..betapa kemurahan ALLAH SWT sangat mudah kita dapatkan, hanya seringkali kita lupa dan egois, hanya berdo'a untuk pribadi kita saja. semoga setelah saya tahu ini akan menjadi lebih sering mendoakan semua orang yang saya jumpai...amin

    hepi ng'blog dan sehatlah selalu tidak lupa semoga banyak rezeki untuk hari ini dan hari esok...amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien amien...mudah-mudahan bermanfaat kang.....(^_^)

      Hapus
  29. wah wah, kembali lagi kang rofi menghadirkan postingan yang membuat ane mikir 2 kali. manteb bener yah jika satu sama lain itu saling pengertian dimana saling mendoakan satu sama lain. semoga aja indonesia begitu kedepannya kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien amien....yaa...memang sebaiknya sesama manusia terutama Muslim alangkah indah jika hidup ini saling berbagi dan mendo'akan yang baik2.....

      Hapus
  30. Memang dengan berdoa, apalagi mendoakan orang lain, berarti kita sudah berbuat 2 kebaikan. Yakni berdoa sendiri yang merupakan amalan seperti perintah Allah, serta mendoakan orang lain. Dan doa yang paling mudah adalah memberi salam.

    Assalaamu alaikum, adalah salam seorang muslim kepada muslim lainnya. Dan yg diberi salam wajib memberi salam balik dg Wa' alaikum salam, yg berarti bahwa dia membalas doa juga. Ini kadang yg sering terlupakan diantara kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikum salam Warohmah wabarokah Bang arie....bener sekali Bang arie...kadang kita pribadi seringkali Egois...dalam suatu waktu yang tepat untuk berdo'a kita hanya berdo'a untuk diri pribadi saja.....

      Hapus
  31. malam kang rofi...saya sangat setuju dengan apa yang kang rofi tulis,,,saya harus banyak belajar lagi nich setelah membaca postingan kang rofi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mudah-mudahan bermnafaat Bang...semoga Alloh senantiasa melimpahkan rahmat dan Hidayahnya kepada kita semua...amien...

      Hapus
  32. seperti kata bang haji rhoma, perjuangan dan do'a

    BalasHapus

Komentar Anda mengenai Postingan ini sangat Saya butuhkan Untuk menjadi bahan evaluasi agar menjadi lebih baik.
Follow blog saya, maka saya akan siap follow blog Anda.
Mudah-Mudahan Artikel di Atas Bermanfaat bagi kita semua.
Berkata-Katalah Yang baik, agar Hidup Anda menjadi lebih baik.

Please follow me...!!!!