Minggu, 26 Januari 2014

Tips Aman Transaksi Belanja Online


Tips aman ketika anda ingin belanja online. Karena kebanyakan dalam proses transaksi belanja melalui media online (Non-COD “Cash On Delivery”) pembayaran harus ditransfer terlebih dahulu baru kemudian barang akan dikirim. Untuk menghindari penipuan berkedok penjual yang biasanya setelah pembayaran ditransfer maka barang yang kita beli tidak kunjung datang, hal ini sangat meresahkan kita bahkan membuat kita jerah dalam belanja melalui media internet. Padahal selain banyak penipuan, juga banyak orang yang memang benar-benar berniat menjual produknya untuk mengais rejeki yang halal sekaligus mempermudah kita dalam membeli barang tersebut tanpa harus datang ke toko.
Untuk menghindari penipuan semacam itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika anda bertransaksi-belanja lewat media online :
Yang pertama : à “Perhatikan nama domainnya”.
Orang yang benar-benar niat usaha atau berdagang dalam jangka panjang biasanya menggunakan domain berbayar (.Com, .Web.id, .Net, .Co.id dan seterusnya). Meskipun tidak semua website yang masih free adalah penipu. Namun yang lebih kuat adalah dengan menggunakan domain sendiri. Karena dalam proses register domain tersedia data lengkap pemilik domain tersebut. Sehingga misalkan terjadi penipuan dapat dilaporkan ke pihak yang berwajib. Apalagi menggunakan .co.id dapat dipastikan bahwa sipenjual memang benar-benar berdagang. Karena proses beli domain dengan (.co.id) menggunakan KTP untuk registernya.
Yang kedua :à “Perhatikan Data Lengkap-Alamat Penjual”.
Pastikan alamat yang dicantumkan penjual di website adalah alamat yang valid, bukan alamat palsu. Hal ini dapat anda buktikan dengan seacrh di google map. Atau dengan cara kontak si penjual untuk menanyakan alamatnya, dan anda akan datang langsung ditempatnya meskipun hal itu tidak mungkin anda lakukan. Jika dengan cara itu si penjual memberikan alamat lengkapnya dan rumahnya siap kita datangi, dapat dipastikan bahwa memang alamtnya valid. Dalam artian jika terjadi penipuan dapat dipertanggung jawabkan.
Yang ketiga : à “Perhatikan akun sosial media-nya”
Biasanya untuk menunjang kepercayaan konsumen sipenjual memasang akun sosial Facebook atau twitternya. Perhatikan track record mulai dari update statusnya, tweetnya apakah orang tersebut dapat dipercaya.
Yang keempat : à “Perhatikan Traffic websitenya”
Anda dapat melihat traffic websitenya melalui alexa.com. Jika website tersebut memiliki traffic yang cukup tinggi, minimal dibawah 1.000.000 maka website tersebut dapat dipercaya. Karena dengan traffic tersebut minimal pengunjung perhari lebih dari 500-1000 pengunjung. Dalam artian, orang yang mampu mendatangkan pengunjung sebanyak itu cukup membutuhkan waktu yang lama bahkan dapat berbulan-bulan. Logika berpikirnya, sangat tidak mungkin ketika dengan bersusah payah meningkatkan traffic websitenya kemudian sipenjual melakukan penipuan. Karena secara materi tingginya traffic website dengan dia menipu kalau diukur dengan uang, maka dia rugi.
Yang kelima :à “Hati-Hati dengan harga yang tidak wajar”
Berhati-hatilah ketika ada sebuah website yang menawarkan harga yang JAUH lebih MURAH (Barang baru). Untuk meninjau lebih lanjut anda dapat mencari informasinya di website resmi produk tersebut. Jika harga yang ditawarkan Jauh lebih murah maka ada 2 kemungkinan. Kemungkinan pertama itu adalah penipuan. Yang kedua barang bukan orginal.
Mungkin itu sekilas analisa penulis ketika akan bebelanja melalui media online. Mudah-mudahan bermanfaat.....


4 komentar:

  1. very informative post for me as I am always looking for new content that can help me and my knowledge grow better.

    BalasHapus
  2. This is wonderful. I am not quite familiar with the internet, but I believe that what I just read is some good material. Thanks for continuing to write such wonderful articles. God bless.

    BalasHapus
  3. http://terbarudaripelangi.blogspot.com/2017/11/pria-ini-nekat-membesarkan-otot-sebesar.html
    http://terbarudaripelangi.blogspot.com/2017/11/cerita-driver-ojek-online-yang-antar.html
    Berbagi cerita itu indah , mari coba dibaca :D

    BalasHapus
  4. http://terbarudaripelangi.blogspot.com/2017/11/duh-gaya-pacaran-5-anak-seleb-ini.html
    http://terbarudaripelangi.blogspot.com/2017/11/pria-ini-nekat-membesarkan-otot-sebesar_15.html
    Berbagi cerita itu indah , mari coba dibaca :D

    BalasHapus

Komentar Anda mengenai Postingan ini sangat Saya butuhkan Untuk menjadi bahan evaluasi agar menjadi lebih baik.
Follow blog saya, maka saya akan siap follow blog Anda.
Mudah-Mudahan Artikel di Atas Bermanfaat bagi kita semua.
Berkata-Katalah Yang baik, agar Hidup Anda menjadi lebih baik.

Please follow me...!!!!