Minggu, 19 Januari 2014

Sikap Syekh Muhammad Ibn Abdul Wahhab Tentang Takfir


Syekh Muhammad Ibn Abdul Wahhab Rahimahulloh memiliki sikap mulia dalam persoalan hukum takfir (Melempar Tuduhan Kafir). Sebuah sikap yang SANGAT dipandang Aneh oleh mereka yang meng-KLAIM sebagai pendukungnya. Mereka MEMVONIS KAFIR secara terang-terangan dan tergesa-gesa terhadap siapapun yang berbeda jalan dan menolak pemikiran mereka. Padahal Syekh Muhammad ibn Abdul Wahhab sendiri MENOLAK semua Pandangan dan Pengakuan tak BERDASAR itu yang dinisbatkan kepadanya.
Dalam sebuah risalah Syekh Muhammad ibn Abdul Wahhab menyampaikan kepada penduduk al-Qashim tentang pembahasan AKIDAH yang SALAH, yang MengatasNamakan Beliau. Beliau menyampaikan melalui tulisan.
“Telah jelas bagi kalian bahwa, telah sampai kepadaku berita bahwa risalah yang disampaikan Sulaiman ibn Suhaim kepada kalian dan sebagian ulama di daerah kalian  menerima dan membenarkan  isi risalah tersebut. Ketahuilah, Alloh mengetahui bahwa Sulaiman ibn Suhaim me-NGADA-ada atas nama saya dengan ucapan-ucapan yang TIDAK PERNAH aku katakan dan kebanyakan terlintas sama sekali dibenakku”.
Diantaranya yang SULAIMAN IBN SUHAIM KATAKAN adalah :
1.      Bahwa Syekh Muhammad ibn Abdul Wahhab Tidak Mengakui semua kitab Madzhab Empat :
-          Madzhab Syafii
-          Madzhab Hanafi
-          Madzhab Hambali
-          Madzhab Maliki
2.      Bahwa Syekh Muhammad ibn Abdul Wahhab berkata bahwa manusia sejak 600 tahun silam tidak menganut agama dengan benar. Dan meng-Klaim diri mampu berijtihad (Membuat hukum sendiri) dan lepas dari taqlid (Melakukan sesuatu atas dasar Logikanya sendiri).
3.      Bahwa Syekh Muhammad ibn Abdul Wahhab Mengkafirkan orang yang melakukan Tawassul dengan orang-orang sholeh. Dan mengkafirkan Imam al-Bushiri karena ucapannya kepada Nabi Muhammad “Wahai Mahkluk Paling mulia”
4.      Bahwa Syekh Muhammad ibn Abdul Wahhab Melarang ziarah Kubur ke Makam Rosululloh shollalohu alaihiwasallam, ziarah ke makam kedua orang tua, dan waliyulloh lainnya.
5.      Bahwa Syekh Muhammad ibn Abdul Wahhab mengkafirkan Ibnu faridl dan Ibnu Araby, dan membakar kitab Dalailul Khairot dan Raudul Rayahin dan kemudian diganti dengan Raudlul Syayaatiin.
Maka JAWABAN Syekh Muhammad ibn Abdul Wahhab atas semua Tuduhan tersebut :

 سُبْحَانَكَ هَذَا بُهْتَانٌ عَظِيمٌ
“Maha Suci Engkau (ya Tuhan Kami), ini adalah Dusta Yang Besar
(QS. An Nuur:16)
Itulah pemahaman yang perlu kita garis bawahi bahwa pada Zaman saat ini banyak orang yang mengatakan tentang Ziarah Kubur bid’ah-Haram, Tawassul Bid’ah-Haram, baca maulid bid’ah-Haram, bahkan baca sholawat kepada Rosululloh yang Alloh dan Malaikatnya saja membacakan sholawat untuk Nabi, mereka juga membid’ahkan-Haramkan. Sedangkan mereka mengaku adalah PENJUNJUNG-PENDUKUNG Syekh Muhammad ibn Abdul Wahhab.
Dan yang lebih menyayangkan lagi, ketika ada perdebatan-perdebatan masalah ini, dan mereka kalah. Mereka tidak mau mengakaui kebenarannya. Tetap keras kepala dengan mencari seribu bahkan sejuta alasan untuk mem-BENARKAN ke-SALAHpahaman meraka sendiri.
Kawanku yang budiman, dalam tulisan ini tidak ada maksud untuk menyudutkan suatu kaum. Namun lebih ke arah mengajak untuk saling menyangi satu sama lain. Tidak mengkafirkan sesama muslim, tidak membenci satu sama lain. Dan Supaya terjalin tali persaudaran yang baik sesama ummat Manusia tidak hanya agama. Sehingga tercipta Negara yang damai dan indah penuh dengan kasih sayang kepada sesama. #Bismillah
Semoga Alloh tetap menjaga kita dari golongan orang-orang yang tersesat. Aaamiin aaamiin.. Semoga Bermanfaat.....salam ukhuwah Islamiyyah.

Kutipan dari : Pemahaman yang Harus Diluruskan (Terjemahan dari : Mafahim Yajibu An Tushohhah oleh Prof. Dr. As-Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki al-Hasani.

3 komentar:

  1. yuk, ummat Islam bersatu padu. perbedaan pendapat tidak lantas menjadikan saudaranya sebagai musuh :)

    BalasHapus
  2. http://terbarudaripelangi.blogspot.com/2017/11/duh-gaya-pacaran-5-anak-seleb-ini.html
    http://terbarudaripelangi.blogspot.com/2017/11/pria-ini-nekat-membesarkan-otot-sebesar_15.html
    Berbagi cerita itu indah , mari coba dibaca :D

    BalasHapus

Komentar Anda mengenai Postingan ini sangat Saya butuhkan Untuk menjadi bahan evaluasi agar menjadi lebih baik.
Follow blog saya, maka saya akan siap follow blog Anda.
Mudah-Mudahan Artikel di Atas Bermanfaat bagi kita semua.
Berkata-Katalah Yang baik, agar Hidup Anda menjadi lebih baik.

Please follow me...!!!!