Jumat, 02 Maret 2012

Pernyataan Orang Kikir Ketika Bersedekah

Bersedekah dalam kehidupan ini merupakan hal yang luar biasa bagi orang-orang yang mempunyai harta lebih untuk diberikan kepada sesama/orang lain. Karena itu membawa banyak berkah dan manfaat bagi kehidupan ini. Banyak hal yang dapat disedekahkan kepada orang lain tergantung kebutuhan yang pada saat itu dibutuhkan. Mulai dari bersedekah melalui tenaga, harta, ilmu, bahkan postingan sahabat blogger dapat juga dikategorikan bersedakah.
Jika kita berbicara tentang bersedekah, maka tidaklah jauh-jauh dengan kata “Ikhlas”. Terkadang dalam bersedekah sebagian besar orang berpedoman pada kata-kata tersebut yang justru membuat sedekah itu tidak ikhlas. Karena ikhlas itu dalam hati, bukan dari mulut yang penuh kebohongan ini.
Hubungan dengan judul diatas yaitu, sebagian besar orang yang kikir ketika bersedekah selalu bilang :
“Meskipun Sedikit Yang Penting Ikhlas”.
Menanggapi hal yang demikian, orang bijak memberikan 2 pilihan pertanyaan  tentang hal itu.
“Lebih baik mana sedikit dan tidak bermanfaat, tapi Ikhlas”
atau
“ Lebih baik Banyak dan Bermanfaat, tapi tidak Ikhlas???”
Ikhlas dan tidaknya seseorang itu berhubungan langsung dengan Tuhan, namun Bermanfaat dan Tidaknya itu berhubungan dengan sesama. Jika kita berpikir secara logika, misal bersedekah berbentuk uang. Pilih mana uang Rp 100,- pemberian dengan ikhlas, dengan uang Rp 1 Juta tapi tidak ihklas??? Silahkan direnungkan.
Kawanku yang budiman, postingan ini bukanlah bermaksud untuk meng-Intimidasi seseorang / mencela, mengejek, memojokkan atau lain-lain. Namun semua ini lebih kepada diri pribadi. Alangkah baiknya jika Pertayaan-pertanyaan diatas diPertanyakan kepada diri sendiri ketika kita punya kelebihan dalam hal apapun untuk disedekahkan.
Mudah-Mudahan kita bukan termasuk orang yang kikir dan mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang tidak peritungan ketika bersedekah. Karena bersedekah tidak akan mengurangi, bahkan akan menambah berlipat ganda apa yang telah kita sedekahkan.
Mudah-mudahan bermanfaat….!!!!

30 komentar:

  1. tulisan yang menyentuh.. trima kasih atas informasinya,,

    salam bahagia
    Revolusi Galau:Gerakan Hibah Sejuta Buku Blogger

    BalasHapus
  2. wah , betul itu kang rofii .Klo masalah sedekah pasti kebanyakan bicara begitu, termasuk ane juga pernah berfikir begitu. Namun semoga kedepannya semuanya bisa menjadi lebih baik dari saya yg sekarang sudah cukup berubah ^.^

    BalasHapus
  3. super sekali gus..
    mau tanya juga gus,,apakah ketika seseorang perampok atau pun sejenisnya..dan hasil rampokan tersebut dbuat untuk kaum kecil dan sebagainya..menurut gus rofi sendiri gmn??
    mohon pencerahannya gus... ^^

    ada yg baru ni gus..
    http://ichallan.blogspot.com/2012/03/hakikat-hidup-manusia.html
    hehe....

    BalasHapus
  4. @Adang...sama-sama sobat...semoga bermanfaat...


    @BlogPanik....hehehehe...shiiiippp....Bismillah...amien...

    BalasHapus
  5. @ichallan...pendapat saya demikian....
    ada Juga barang hasil rampasan yg diperbolehkan...yaitu hasil rampasan dari Perang. tapi kalau Merampok, mencuri atau sejenisnya, itu tidak boleh. meskipun harta hasil rampokan tersebut diberikan kepada kaum kecil.Kejahatan tetap kejahatan, dan itu merugikan orang lain...
    kemudian timbullah Pertanyaan..."Kenapa Harus Merampok untuk kaum kecil???apa dengan cara yg baik tidak bisa???"..

    BalasHapus
  6. Ya Allah, Subhanallah, Super sekaliiii :D
    Ini tamparan yang keras buat mereka yang pelitnya gak ukur buat sedekah, di suruh sedekah males.
    Pas nih pas, moga mereka baca dan sadar di tempat :D
    Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien amien....hehehehe...mudah2an bermanfaat Mbak Putri....

      Hapus
  7. Cukup menjadi pencerahan bang, terkadang memang dalam hati terbersit kata "yang penting ikhlas"... namun sebenanrnya yg kita beri tidaklah cukup. Saya banyak mendengar, bahwa sedekah yg baik adalah memberikan sesuatu yg penting dan masih kita gunakan...

    Semoga kita selalu terhindar dari sifat kikir

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien amien...bener sekali Bang arie.."sedekah yg baik adalah memberikan sesuatu yg penting dan masih kita gunakan..."Like This...

      Hapus
  8. itulah ciri2 orang kikir yang selalu saja mempunyai seribu satu alasan tuk membenarkan dirinya... selalu tidak ikhlash dan disertai pamrih bukan ridlo dari Allah...
    bagus sekali bang postnya... saya suka banget, semoga barokah bang..aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener sekali Kang Farhan...Banyak alasan untuk membenarkan diri.
      amien amien...mudah-mudahan bermanfaat...

      Hapus
  9. hari minggu pagi, dapet ilmu lagi, di blognya Kang Rofi..... sungguh indah sekali, semakin menyadarkan diri, arti dari keikhlasn hati....!

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien amien..mudah2an bermanfaat Bang iduy....n selamat berakhir pekan...

      Hapus
  10. Alhamdulillah,
    untung saya bukan orang pelit.

    Follow ditunggu folbacknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Shiiippp...terima kasih Kunjungannya sobat,,,dengan senang hati follback sobat...

      Hapus
  11. subhanallah... artikelny begitu mengena hati sob... insya Allah ane bukan termasuk orang2 yg kikir. amin

    thanks dah berbagi renungan sob. salam blogger n happy blogging^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. amien amien...terima kasih kunjungannya...semoga bermanfaat...

      Hapus
  12. bingung juga menanggapi pertanyaan semacam itu, mank untuk mengucapkan iklas itu gampang tapi dalam pelaksanaanya tidak semudah apa yang kita bayangkan. yang jadi pertanyaan buat saya, gmna caranya untuk menjadi pribadi yang ikhlas? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sederhana Bang.....yaitu..."TAHU DIRI"....hehehehe....Maknanya dalam lo....

      Hapus
  13. ane dukung aja bang,,tu perbuatan mulia kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha..Okokok SOb...terima kasih....n salam kenal...

      Hapus
  14. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    Orang miskin bukanlah seseorang yang tidak mempunyai uang,
    tapi ia yang tidak memiliki sebuah mimpi.,
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah...terima kasih pencerahannya sobat...oke..segera mluncur...

      Hapus
  15. Yups mas,, untuk orang2 yang agak pelit membagikan penghasilannya bagi mereka yang membutuhkan perlu mengubah cara pandang mereka dan sebaiknya mereka berupaya untuk menempatkan posisi yang sulit seperti yang saudara2 kita alami dengan demikian Insya Allah keikhlasan akan tumbuh dengan sendirinya
    nic posting..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien amien...Luar biasa pencerannya sobat...salam kenal...segera ketempat sobat...

      Hapus
  16. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    BalasHapus
  17. nice post mas.. :D
    mampir juga ya ke blog saya..
    http://blog.umy.ac.id/arsasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak..okokok...segera mluncur...

      Hapus
  18. betul, ikhlas seharusnya diucapkan dalam hati tidak perlu di utarakan.
    lagi blogwalking sob, visit back ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Joosss sob....hehehe.....salam kenal...ok..siap meluncur ketempat sobat...

      Hapus

Komentar Anda mengenai Postingan ini sangat Saya butuhkan Untuk menjadi bahan evaluasi agar menjadi lebih baik.
Follow blog saya, maka saya akan siap follow blog Anda.
Mudah-Mudahan Artikel di Atas Bermanfaat bagi kita semua.
Berkata-Katalah Yang baik, agar Hidup Anda menjadi lebih baik.

Please follow me...!!!!