Senin, 27 September 2010

ANALISA PERKEMBANGAN JARINGAN WIRELESS PADA HANDPHONE


ANALISA PERKEMBANGAN JARINGAN WIRELESS PADA HANDPHONE
Mohammad Rofiuddin ( 0835010020 )
Jurusan Sistem Informasi – Fakultas Teknik Industri
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran“ Jawa Timur

Abstrack
Perkembangan handphone di Indonesia memiliki dampak pengaruh yang cukup signifikan terhadap penggunaan teknologi di Indonesia. Gadget berupa genggaman ini telah masuk ke Indonesia sejak tahun 1984. Kemunculan pertamanya memang tidak memiliki harapan yang cukup baik. Selain bentuknya yang tidak nyaman untuk diselipkan, harga unit satuannya pun mahal diatas 10 juta rupiah saat itu. Namun sekarang, survey dari ROA (Research On Asia) Group mengungkapkan bahwa penggunaan ponsel di Indonesia terus meningkat. Bahkan pada awal 2010, angka pengguna ponsel di Indonesia dikatakan mencapai 133 juta orang. Handphone pada masa sekarang di Indonesia telah menawarkan fitur-fitur canggih seperti 3G yang memiliki tiga standar dalam dunia komunikasi yakni Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000.
PENDAHULUAN
*      Perkembangan teknologi wireless (nirkabel) dalam era komunikasi data yang semakin cepat dan mengglobal ini telah membawa masyarakat melewati beberapa tahapan pengembangan teknologi sekaligus.
*      Generasi pertama (1G) pengembangan teknologi nirkabel ditandai dengan pengembangan sistem analog dengan kecepatan rendah (low speed) dan suara sebagai obyek utama. Dua contoh dari pengembangan teknologi nirkabel pada tahap pertama ini adalah NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System).
*      Generasi kedua (2G) pengembangan teknologi nirkabel dijadikan standar komersial dengan format digital, kecepatan rendah - menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT. Sebelum masuk ke pengembangan teknologi Generasi ketiga (3G), banyak pihak sering menyisipkan satu tahap pengembangan, Generasi 2,5 (2,5G) yaitu teknologi komunikasi data wireless secara digital, kecepatan menengah (hingga 150 Kbps). Teknologi yang termasuk kategori 2,5 G adalah layanan berbasis data seperti GPRS (General Packet Radio Service) dan EDGE (Enhance Data rate for GSM Evolution) pada domain GSM dan PDN (Packet Data Network) pada domain CDMA.
*      Sedangkan tahap pengembangan selanjutnya adalah Generasi ketiga, generasi digital kecepatan tinggi, yang mampu mentransfer data dengan kecepatan tinggi (high-speed) dan aplikasi multimedia, untuk pita lebar (broadband). Contoh: W-CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO.
*      Generasi berikutnya yang merupakan pengembangan dari 3G adalah 4G (Generasi keempat). Nama resmi dari teknologi 4G ini menurut IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) adalah "3G and beyond". Sebelum 4G, High-Speed Downlink Packet Access (HSDPA) yang kadangkala disebut sebagai teknologi 3,5G telah dikembangkan oleh WCDMA sama seperti EV-DO mengembangkan CDMA2000. HSDPA adalah sebuah protokol telepon genggam yang memberikan jalur evolusi untuk jaringan Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) yang akan dapat memberikan kapasitas data yang lebih besar (sampai 14,4 Mbit/detik arah turun).
*      Di negara kita, kita dapat mengikuti secara sederhana perkembangan teknologi ini, mulai dari teknologi 1G berupa telepon analog/PSTN yang menggunakan seluler. Sementara teknologi 2G, 2.5G, dan 3G merupakan ISDN. Indonesia pada saat ini sebenarnya baru saja memasuki dan memulai tahap 3.5G atau yang biasa disebut sebagai HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) yang mampu memberikan kecepatan akses hingga 3.6 Mb/s (termasuk koneksi pita lebar - broadband connection). Berkaitan dengan teknologi 4G, SIP adalah protokol inti dalam internet telephony[1] yang merupakan evolusi terkini dari Voice over Internet Protocol maupun Telephone yang over internet protocol.


SEJARAH PERKEMBANGAN HANDPHONE
Perkembangan teknologi memang menyenangkan. Salah satunya di bidang telekomunikasi bergerak. Dulu Hand Phone (HP) merupakan barang langka yang hanya dimiliki orang-orang berduit. Kini, bahkan tukang becak punya HP. Teknologinya juga berkembang amat cepat. Ketika telekomunikasi bergerak masih menggunakan sistem Nordic Mobile Telephone (NMT) dan Advanced Mobile Phone System (AMPS), dan Global System for Mobile Communications (GSM) generasi 1, penggunaannya hanya dibatasi pada komunikasi suara saja. GSM lalu berevolusi ke generasi 2 dimana transmisi data dimungkinkan untuk dilakukan melalui jaringan GSM dengan teknologi Circuit Switched Data (CSD). Implementasi sederhana dari transmisi data pada GSM generasi 2 ini adalah fitur sejuta umat, Short Message Service (SMS), dan fitur Fax/Data untuk browsing internet hingga kecepatan 9.6 Kilobit per second (Kbps) atau setara


dengan 1.2 Kilo Bytes per second (KBps).GSM lalu berevolusi lagi menjadi GSM generasi 2.5 dimana transmisi data berdasar paket dengan kecepatan tinggi dapat dilakukan melalui gelombang radio (GPRS - General Packet Radio Services). GPRS memungkinkan pengguna GSM menjelajahi Internet dengan kecepatan teoritis s/d 154 Kbps, meskipun pada prakteknya hanya di kisaran 30-40 Kbps. Evolusi terbaru GSM adalah GSM generasi 3, atau lebih dikenal dengan 3G. Dengan 3G, baik Wideband-Code Division Multiple Access (W-CDMA) maupun Universal Mobile Telephony Service (UMTS), transmisi data di jaringan GSM dapat mencapai kecepatan 384 Kbps.


1.               MOTOROLA
Perusahaan berikutnya yang tidak kalah tua adalah Motorola. Pendiri dari Motorola adalah Paul V.Galvin, beliau adalah ahli dari aplikasi radio khususnya kendaraan seperti mobil. Pada tahun 1928, beliau mendirikan sebuah perusahaan di Chicago bersama saudaranya dan William P Lear. Perusahaan mereka tumbuh dengan pesat meski pada tahun tersebut pertumbuhan ekonomi dalam keadaan yang buruk. Akhirnya pada tanggal 4 Agustus 1971 mereka mencoba membuat sebuah alat komunikasi yang portable dan menjadi pionir dalam teknologi komunikasi di dunia. Pada tanggal 3 April 1973 Motorola menyediakan alat komunikasi public yang lambat laun berkembang menjadi telepon genggam. Pada tanggal 10 September 1984 barulah mereka meluncurkan telepon genggam yang ternyata Mendapatkan respon yang baik dari public hingga saat ini Motorola terus berinovasi dan mencari public yang royal menggunakan Motorola.
Setelah peluncurannya, kini Motorola telah membidik pasaran untuk memperluas pemasaran handset terbarunya. Menjelang liburan natal dan tahun baru, perangkat yang dikenal dengan Motorola Milestone tersebut kini telah dipasarkan dengan bandrol seharga 450 pounds atau sekitar 6,9 juta rupiah per unitnya. Dengan menerobos pasaran handset di Inggris ini, harapan terbesar ditetapkan dan paling tidak telah menjadi tonggak eksklusifitas hingga akhir tahun ini. Sejalan dengan hal itu, konsumen juga disodorkan dengan pilihan subsidi T-Mobile.  Seperti yang diketahui, ponsel Motorola Milestone ini merupakan versi Eropa dari perangkat DROID Amerika. Ponsel yang satu ini sama-sama berbasis Android 2.0 yang mengoperasikan tampilan layar sentuh kapasitif 3.7 inchi beresolusi tinggi. keyboard geser QWERTY lengkap, berbagai konektifitas yang ada, kamera 5 megapiksel, processor ARM Cortex A8 yang cepat, dan memiliki ketebalan 13.7 mm yang kemungkinan menjadikan perangkat ini menjadi ponsel QWERTY geser samping yang paling ramping saat ini. Namun demikian, hanya ada satu perbedaan dengan kerabat perangkat DROID lainnya yaitu keberadaan dukungan terhadap multi sentuh. Dan yang pasti, perangkat yang satu ini telah mampu menghadirkan kemewahan yang terkenal dari perangkat iPhone.




2.                              SIEMENS
The First 4line LCD Display Mobile Phone
Perkembangan teknologi mobile phone (HP) yang dimulai pada tahun 1973 (dimulai oleh Motorola DynaTac) terus menerus menghasilkan inovasi. Pada tahun 1992, disaat Hp masih 1 baris layar, Siemens dengan produk S1 nya berhasil mengeluarkan ponsel berdisplay 4 baris pertama dan sekaligus ponsel yang memiliki daya tahan baterai paling lama serta jangkauan sinyal terpanjang.

The First Colour and Outdoor Mobile Phone
Pada tahun 1997, Siemens berhasil menerbitkan HP pertama di dunia sekaligus HP outdoor pertama yang bernama Siemens S10 ke pasar. Eits, tunggu dulu, warna disini bukan berarti uda keren kaya hp2 sekarang, melainkan warna pada layar dan tulisan. HP Siemens S10 ini dapat menampilkan empat warna yang berbeda, yaitu putih, biru, hijau, dan merah. Ponsel ini dipasarkan sebagai telepon pertama untuk outdoor use juga dengan nama Siemens S10 Active.

The First Slider Phone
Seiring dengan bergesernya waktu, para perusahaan seluler bersaing dalam mengeluarkan inovasi2. Ponsel Slider sempat booming pada masa itu. Tapi apakah anda tahu bahwa Siemens lah yang mengeluarkan ponsel slider untuk pertama kali, yaitu Itu adalah Siemens SL10 yang dirilis pada tahun 1999.

The First MP3 Phone with Memory Card
Kontribusi lain dari Siemens ke industri ponsel adalah Siemens mengeluarkan ponsel pertama yang memiliki pemutar MP3 yaitu Siemens SL45. SL45juga merupakan ponsel pertama memiliki memori eksternal dapat diperluas dengan menggunakan MultiMediaCard.
The First Mobile Phone With Real GPS Support
Tahun 2005, Siemens mengeluarkan seri SXG75 yang support dengan GPS.
3.                              SAMSUNG
Selain meluncurkan produk-produk high end, Samsung tak lupa untuk tetap meluncurkan produk dengan harga terjangkau yang menarik. Hal ini terbukti dengan adanya ponsel Samsung terbaru yang diharapkan menjadi penerus kesuksesan Samsung Corby. Ponsel terbaru dari samsung ini adalah Samsung Champ C3300K yang menjadi ponsel touchscreen yang menggunakan formula Corby yaitu murah dengan fitur cukup menarik yang diharapkan bisa menarik banyak pembeli. Disain bodinya kompak, dengan dukungan layar sentuh lebar 2,4 inci. Resolusinya sebatas 240x320 piksel (QVGA), dengan tenologi layar resistive. Serupa ponsel Samsung terbaru lain, sektor antarmuka C300K Champ mengadopsi user interface TouchWiz Lite, dengan tampilan depan (home screen) disertai widget yang tersusun grid 3x3. Tak beda dengan generasi CorbyTouch, C300K Champ dibenami pula dengan beragam aplikasi jejaring sosial semisal Facebook. Untuk media hiburan, C3300K Champ menawarkan pemutar musik berkemampuan suara efek 3D plus speaker stereo. Termasuk menyediakan port audio 3,5mm untuk menyajikan keleluasan bagi calon pengguna untuk menikmati alunan musik via headset 'pasaran' lain. Rencananya Samsung C3300K Champ ini akan diluncurkan ke pasaran Juni 2010 mendatang. Dan, akan mulai tersedia di Timur Tengah, Amerika Latin, Asia dan Eropa. Untuk harga, diperkirakan akan lebih murah dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Samsung Corby.
Spesifikasi
Quad Band; layar TFT resistive touchscreen 262.144 warna, 240x320 piksel, 2,4 inci; kamera 1,3 MP, video (QCIF@15 fps); sms, mms, email; GPRS 10, EDG E 10, WAP 2.0/xHTML, HTML; memori 30 MB, slot microSD card; polifonik (MP3), sensor accelerometer, TouchWiz Lite UI, java MIDP 2.0, player MP3/WMA/eAAC+, player MP4/H.263, aplikasi social networking, radio FM stereo (RDS), jack audio 3,5mm, speakerphone, Bluetooth v2.1 (A2DP); baterai Li-Ion 1000 mAh

4.               BLACKBERRY
Handphone berikutnya adalah Blackberry. Blackberry merupakan pangsa pasar baru di Indonesia. Blackberry didirikan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada yakni Research In Motion (RIM). Perusahaan ini memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menyampaikan informasi dengan basis nirkabel. Blackberry pertama kali dikenalkan di Indonesia pada pertengahan 2004 oleh operator Indosat. Berbeda dengan jenis handphone lainnya, basis dari handphone ini adalah Broadband yang menangani seluruh akses data dari handphone ini. Di Indonesia, perusahaan Starhub merupakan bagian dari pelayanan teknis terhadap instalasi Blackberry.  Indosat menyediakan layanan Blackberry Internet Service(BIS) dan Blackberry Enterprise Server(BES) Pasar Blackberry kemudian diikuti oleh dua operator besar lainnya di tanah air yakni Excelkom dan Telkomsel. Excelkom memberikan dua pilihan layanan yaitu Blackberry Internet Service(BIS)  dan Blackberry Enterprise Server+ (BES+). BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, yang ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga mereka dapat menerima dan mengirim email kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Lotus Domino, Novel Wise dan 10 akun e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam. Sementara, operator Telkomsel hanya menyediakan sebagian dari layanan korporasi dengan Blackberry Enterprise Server. Layanan Blackberry pada awalnya  hanya bisa diakses melalui smartphone Blackberry saja. Namun kelanjutannya, ketiga operator ini telah menyediakan fasilitas Blackberry Connect yang memungkinkan Blackberry Internet Solution diakses melalui smartphone jenis lain seperti Sony Ericsson P910i, M600i, Nokia (N-9500, N-9300, N-9300i, E61), dan lainnya. Fasilitas Blackberry sejauh ini memang baru dimanfaatkan oleh para pengguna pribadi dan korporasi, belum merambah hingga bidang pemerintahan dan intelijen seperti di negara-negara lain.
RIM kembali merelease Blackberry terbarunya yang diberi nama BlackBerry Tour 9630. BlackBerry Tour 9630 ini merupakan sebuah paket smartphone untuk memudahkan penggunanya mengakses email, kalender, kontak dan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya dimanapun dan kapanpun berada. BlackBerry tour 9630 ditujukan untuk market share khusus eksekutif dan konsumen walaupun dalam kondisi ekonomi yang buruk sekarang ini. Model smartphone terbaru dari BlackBerry ini diberi nama BlackBerry Tour, dan akan melengkapi model smartphone BlackBerry lainnya, seperti BlackBerry Curve dan Bold yang ditujukan untuk user corporate high-end.
RIM telah mengumumkan smartphone BlackBerry Tour 9630 ini dengan dimensi tinggi 4.4 inch x lebar 2.4 inch x tebal 0.6 inch, bobot 5.2 oz. Untuk style-nya, BlackBerry Tour ini dilengkapi dengan track ball di bagian tengah, camera 3.2 megapiksel di bagian belakang, seperti di tipe Storm. Untuk jaringannya, world phone BlackBerry Tour 9630 ini memiliki quad-band EDGE dan foreign-band (2,100 MHz) HSDPA (at 7.2 Mbits/s) untuk user di luar US, seperti BlackBerry Storm. Seperti Storm, BlackBerry Tour ini dilengkapi processor Qualcomm 528 MHz, dan system operasi BlackBerry OS 4.7. Resolusi layar 480×360 piksel, akses GPS, Bluetooth, tapi tidak ada Wi-Fi.


ANALISA
Perkembangan ponsel sudah jelas akan mengarah ke mana. Produsen tidak lagi mengintegrasikan lebih banyak fungsi ke dalam satu perangkat, tetapi sudah mulai mengembangkan ponsel untuk bisnis dan hiburan secara terpisah. Kamera yang lebih baik, kemampuan memutar musik, dapat menerima siaran radio, dan menonton televisi merupakan ciri-ciri telepon bergerak masa depan untuk pengguna pribadi. Sementara itu, ponsel untuk bisnis dirancang sebagai kantor bergerak.

-          Sebagai digicam : Samsung telah merealisasikan kombinasi digicam utuh dengan ponsel. Untuk pasar Asia telah dikembangkan SCH-V770, yaitu sebuah ponsel dengan kamera 7 MP dan zoom optik 3x yang dapat dipasangi lensa wide dan tele. Sayangnya, kombinasi pertama ini belum terlihat harmonis. Ia tampak seperti digicam biasa dengan tambahan keyboard ponsel. Penelitian Samsung menunjukkan bahwa ponsel-kamera high-end mendatang akan lebih kompak. Samsung sedang bereksperimen dengan “lensa cair”, di mana fokus dan faktor zoom diatur melalui tegangan listrik. Serupa dengan mata manusia, bentuk lensa akan berubah sesuai dengan tegangan yang diberikan. Solusi kompak ini juga lebih hemat energi.
-          Ponsel sebagai MP3-player : Player musik dapat ditemukan pada hampir semua ponsel baru. Memori Flash sudah mencapai ukuran gigabyte dan mini-hard disk pun memiliki kapasitas mulai 4 GB.
-          Sebagai TV : Televisi termasuk salah satu fungsi utama dalam ponsel hiburan masa depan. Displaynya tidak akan jauh lebih besar dibandingkan display ponsel masa kini yang berukuran 320 x 240 pixel. Dua tahun mendatang juga akan ada ponsel dengan display OLED. Diode polimer yang menyala ini menawarkan warna lebih baik dan kontras lebih tinggi.
Keinginan memiliki ponsel yang lebih kompak dengan display lebih besar merupakan tantangan bagi produsen. Philips sedang mengembangkan display plastik yang dapat digulung sehingga dapat ditarik ke dalam perangkat ketika tidak sedang digunakan. Siemens menanggapinya dengan sebuah mini-proyektor terintegrasi. Di sini, sinyal visual diproyeksikan pada bidang yang licin. Melalui pena bluetooth, bidang licin ini berfungsi sebagai pengganti keyboard pada 'New Interactive Phone'. Di laboratorium penelitian Siemens, layar gulung dan mini-proyektor sudah dapat berfungsi dengan baik.

KESIMPULAN
Hasil dari penelitian ini bahwa teknologi komunikasi, dalam bidang ini handphone, merupakan hal yang luas untuk diketahui. Bila dari  kita sudah diperlihatkan kemajuan ponsel-ponsel high end dengan banyak kemudahan bagi penggunanya. Riset menunjukkan bahwa dalam kasus ponsel di Indonesia, cenderung mengarah pada selera dan brand merek-merek terkenal yang sedang booming. Mungkin sekarang orang melihat Blackberry sebagai salah satu ponsel yang eksklusif dan canggih yang hanya bisa dapat digunakan oleh segelintir orang saja, namun, jika melihat perkembangannya, hal ini sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Meski banyak dari kalangan ekonomi rendah yang tidak dapat menjangkau Blackberry, pasar Blackberry di Indonesia memiliki potensi yang sangat besar akan mendominasi pasar tanah air dengan fitur dan harga yang lebih murah. Seperti yang disebutkan dalam teori siklus, teknologi pada awalnya memiliki kendala dan usaha yang besar untuk membuatnya diterima masyarakat, namun jika hal tersebut sudah dapat diterima oleh masyarakat, maka perkembangan teknologi tersebut akan sulit dibendung.

SUMBER
-          Blackberry Corporation. (n.d.). Retrieved from Blackberry indonesian website: http://id.blackberry.com
-          Samsung Corporation. (n.d.). Retrieved from Samsung Indonesia: http://www.samsung.com/id/
-          http://kumpulansejarah-di.blogspot.com/
-          http://pandri-16.blogspot.com/2010/01/sejarah-perkembangan-handphone-hingga.html




0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda mengenai Postingan ini sangat Saya butuhkan Untuk menjadi bahan evaluasi agar menjadi lebih baik.
Follow blog saya, maka saya akan siap follow blog Anda.
Mudah-Mudahan Artikel di Atas Bermanfaat bagi kita semua.
Berkata-Katalah Yang baik, agar Hidup Anda menjadi lebih baik.

Please follow me...!!!!