Sabtu, 01 Mei 2010

Pengalaman

Assalaamu’alaikum Wr Wb.

Hari Kamis tanggal 29 April 2010 kemarin di ajak Dosen saya untuk ngasistenin pelatihan blog dan pengenalan internet sehat bermanfaat di salah satu Pondok Pesantren di daerah Bangil Pasuruan Jawa Timur.Nama Pondok Tersebut “ Yayasan Pondok Pesantren DARULLUGHAH WADDA’WAH “ . Awalnya saya agak ragu untuk ikut dosen saya, karena saya berbekal sedikit kemampuan dalam masalah Internet. Tapi saya pikir-pikir lagi, ya udah lah……itung-itung cari pengalaman,apalagi di sebuah Pondok Pesantren sehingga saya berpikiran “ wah,asyik juga klo masuk pondok Pesantern..???” Jujur sich, saya Ga pernah masuk Pondok Pesantren. Jadi saya penasaran gimana sich lingkungan pondok dan keseharian apa yang selalu dilakukan.Terus juga klo masalah ngeblog sich, Insya Alloh saya bisa. Pukul 14.00 Wib saya ditelepon

beliau disuruh datang ke kampus sekalian mw berangkat.tapi sebelum berangkat mampir dulu kerumahnya beliau untuk mempersiapkan semua yang nantinya akan dibutuhkan dalam acara pengenalan internet di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah Bangil. Sebelum berangkat,kita Makan untuk jaga-jaga biar nanti disana Ga kelaperan.Setelah sholat Magrib kita cabut dari rumah beliau menuju Pondok Pesantern Darullughah Wadda’wah Bangil. Dalam perjalanan, kita berhenti sejenak untuk meregangkan kaki ditambah es Campur yang super Sweger ditambah Klepon makanan khas bangil menghilangkan semua dahaga.Biasalah,,,naek Motor….kaki pwegel,Pantat pwanas…..hhuufftt……Ga pa2lah……

Tadi sebelum berangkat uda makan,ketambahan es+klepon tadi jadi kwenyang banget.Lanjutkan perjalanan.selang waktu tidak lama tepatnya sekitar jam 20.00 Wib, akhirnya nyampek juga di Pondok tersebut. Setelah dipersilahkan masuk Pondok,,Masya Alloh,ketenangan hati dan saya sangat senang sekali sebagai seorang Muslim….Saya melihat semua Santri berkumpul dimasjid yang kurang lebihnya sekitar 3000 Santri memakai baju putih-putih+memakai imamah dikepalanya membaca wirid dan sholawat di dalam masjid.

untuk info lebih Lanjut tentang PonPes tsb, klik disini.
Masya Alloh….Bangganya mempunyai keluarga muslim yang seperti santri-santri tsb. Disana kami disambut baik oleh sebagian Ustadz yang mengajar di Pondok tersebut. Baru sebentar duduk,,Terang bulan coklat kacang siap makan di meja. Dalam pikiran saya <”udaa Pak,,,Ga usah Repot repot….uda kwenyang banget”> tapi,,buat dosen saya….dengan lahapnya menyantap makanan tersebut…ya biasalah…porsi saya dengan dosen saya jauh berbeda,,,tidak lama lagi..ketmbahan es buah….pake gelas GdE lagi…..hhhuuufftt…..pengennya Ga saya minum,,,tapi uda di suguhkan…..terpaksa…..siikaat…….!!!!!Saya rasa itu terakhir perut saya terisi,,,,tidak lama lagi,,datang lagi makanan nasi Padang……Ya AlloOh….Ampuni dosa hambamu ini ya Alloh…….akhirnya makan aja!!!!,,,meskipun mbetah-mbetahno wareg e “ko Sawangane “…..tapi ga saya habiskan….uda Ga muat rasanya perut saya menampung banyak makanan tsb. Setelah selesai makan dan ngomong-ngomong kami di sediakan 1 kamar besar,bersih,berAC dan itupun yang tidur dikamar tsb hanya 4 orang, 2 Santri dan kami ber2.Dan Asyiknya lagi,saya bisa bertanya-tanya tentang ilmu agama kepada salah satu santri dikamar itu, dan kebetulan juga dia santri senior disitu…jadi ya….banyak pengetahuan yang saya dapat tentang ruang lingkup pondok Pesantren tsb.
Ke Esokan hari…setelah sholat subuh sudah disediakan minum Teh Hangat+Mint.Mungkin gak banyak orang yang sudah minum Teh tsb.Rasanya hangat,,sedapnya teh seperti halnya teh biasa,,namun agak ada seger rasanya mint nya meskipun itu teh hangat ditambah dengan jajan donat bertabur gula putih halus.hhhmmmm…….Nyammii…….tdk selang waktu lama…..Nasi pecel datang+kayaknya porsi Super Jumbo nich….Cz bwanyak banget……setelah itu barulah sekitar jam 09.00Wib Acara pengenalan internet sehat bermanfaat di pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah dimulai. Awalnya saya kira yang dikenalkan internet sehat bermanfaat tsb dari kalangan Santri…tapi waktu masuk Ruangan,,,”DDddduuuaaaAArrrrr……” Ternyata para Ustadz dan para pengurus Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah yang hadir dalam acara tsb…….
“ Dag…Dig…dug…..” Ga sembarangan orang ternyata………wahahahahahahahahahaha… “ SANGAR…! “.tapi…LoooSS……..wakakakakakkakakakak….”Berjuang Pak….!!!!”. Alhamdulillahnya saya disitu hanya buat dokumentasinya dosen saya aja……..hhhhuuuufffttt……..!!!!!!!!
Acarapun dimulai…….dan Masya Alloh……..Mereka sangat interest sekali….senang rasanya melihatnya……memperhatikan,mencatat,dan suasananya tenang sekali…… selayaknya dosen saya seorang guru dan mereka muridnya…..jadi disini tidak memandang klo…” oh..disini saya Ustadz…./apalah…” Masya Alloh……..adab dan aklhaknya Ustadz di Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah “SANGAT MULIA” SEKALI……….. Mereka tahu tempat dan tata kramanya dalam mencari ilmu….. Mudah-Mudahan ilmu yang mereka dapat Bermanfaat…amiiin ya Robbal’Alaamin……setelah acara berlangsung,,,Tak terasa sudah jam 11.00 Wib. Waktunya sholat Jum’at.Selesai sholat Jum’at ,istirahat sebentar dan makan-makan di sebuah rumah makan Padang…dan balik Lagi ke makanan…masya Alloh….bwanyak banget…..kesannya mereka “SANGAT-SANGAT MENHARGAI DAN MENGHORMATI TAMU” masya Alloh…Mudah-Mudahan Alloh selalu melimpahkan Rahmatnya kepada Orang yang selalu menghormati dan menghargai tamunya….
Acara pun dilanjutkan Pelatihan ngeblog bagi para Ustadz dan segenap Pengurus Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah bangil.Karena keterbatasan fasilitas….akhirnya Pelatihan ngeblog di laksanakan di sebuah warnet kecil yang jumlah komputernya sekitar 8/10 unit. Dan meskipun begitu,,mereka sangat-sangat interest sekali meskipun dengan keterbatasan fasilitas tsb. Barulah dalam acara Pelatihan itu saya berperan ngasisteni dosen saya untuk membantu para peserta Pelatihan. Mulai dari membuat E-mail, membuat blog sampai Posting, mengganti Template dan segenap pengetahuan saya, saya tuangkan ke para peserta Pelatihan semua. Yaa… meskipun dengan keterbatasan pengetahuan saya…Mudah-mudahan Bermanfaat…….Amiin…ya Robbal’Alaamin……!!!!!! Sudah beberapa jam berlalu, waktupun juga sore….akhirnya pelatihan selesai dan di akhiri…..dan kamipun bersiap-siap pulang dengan di bawakan oleh-oleh beberapa buku…Dan mudah-mudahan Bermanfaat bagi kami. Tepat jam 18.30 Wib kita Pamitan kepada segenap Santri dan pengurus Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah. Jam 20.00 Wib nyampek di Surabaya, tepatnya di Semampir rumahnya Dosen saya….dan sayapun pamitan pulang…..Akhirnya sampai juga dirumahQ tercinta…..” BaitiJannati….”ha..ha..ha..ha….

Kesan-Kesan Saya :
1. Saya senang sekali karena mendapat kesempatan menambah pengalaman saya.
2. Hhhmmmm mungkin tambah sedikit pengetahuan tentang Islam. Bagaimana seharusnya seorang muslim itu, akhlak, adab, kesehariannya dan lain-lain.
3. Didalam Pondok suasananya Tenang,,tentram,,dan terkagum-kagum dengan semua Santri, mulai dari mengenakan pakaian, kelakuannya, bahasanya ( bahasa keseharian bahasa Arab ).
4. Dan masih banyak lagi………!!!!!!!!!
Yaa…..!!!!!!!! itulah segenap cerita/pun pengalaman saya…mudah-mudahan bermanfaat bagi saya dan kita semua….Amiiin ya Robbal’alaamin………

Wassalaamu’alaikum Wr.Wb

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda mengenai Postingan ini sangat Saya butuhkan Untuk menjadi bahan evaluasi agar menjadi lebih baik.
Follow blog saya, maka saya akan siap follow blog Anda.
Mudah-Mudahan Artikel di Atas Bermanfaat bagi kita semua.
Berkata-Katalah Yang baik, agar Hidup Anda menjadi lebih baik.

 Toko Mebel | Furnitur Jepara | rebana hadroh Jepara H.Muhsin | Mebel Jepara | Furniture jepara | Mebel Furniture Jepara | Pengrajin Hadroh rebana Jepara

Please follow me...!!!!